0%
×

-bahasa-

Selamat datang di POSGAR bagikan dan dapatkan informasi menarik dari netizen oleh netizen dan untuk netizen ;D #demokreasi #infodunia #artikelompok
×

×

  • url:
×

×

×

4 0 0 0 0 0
4
*
4

Kota "Wentira" kota peradaban maju ditengah hutan palu

[ Kota "Wentira" kota peradaban maju ditengah hutan palu ]

Terletak disebuah kawasan hutan lindung yang bernama Wentira. Masyarakata Toraja menyebutnya To Wae Ntira. Menurut beberapa kawan menceritakan pengalaman mereka saat bertemu dengan orang-orang To Wentira. Katanya, seolah-olah terombang-ambing diantara dunia nyata atau dunia maya, rasionalitas, atau supranatural. Bingung bercampur takjub. Antara percaya atau tidak percaya. Menurut mereka yang pernah ke Kota Wentira, kota itu sangat modern, dengan kemewahan yang sangat luar biasa. Semua jenis kendaraan ada disana termasuk kereta api cepat bahkan MRT.

Masyarakatnya kota Wentira sangat makmur atau serba berada. Beberapa orang telah menjelaskan dimana atau bagaimana cara masuk ke kota Wentira. Bagi pengunjung wisatapalu.com pintu untuk masuk ke kota Wentira terdapat beberapa daerah, salah satunya adalah di sekitar tugu Wentira, atau beberapa daerah yang ada di Kota Palu, yaitu di sekitar lokasi bekas pelaksanaan STQ, orang Palu cukup mengenal dengan STQ, terdapat tugu di bundaran ke arah timur naik ke atas bukit, dipercaya sebagai salah satu jalan menuju Wentira. Di belakang area STQ terdapa gedung-gedung kosong atau konon disitu dihuni oleh mahluk-mahluk gaib yang berasal dari Wentira (catatan : saat menulis artikel ini bulu kudu saya merinding). Daerah yang lainnya terdapat di sekitar Tawaeli, tepatnya di Desa Baiya,karena di desa ini sering melakukan upacara penyembuhan, atau konon menggunakan mahluk-mahluk yang berasal dari Wentira. Berkenaan dengan jembatan beratap yang sering di tuliskan beberapa media, yang mengatakan sebagai salah jalan menuju kota Wentira, sebenarnya jembatan ini terbuat dari kayu beratap yang merupakan peninggalan Belanda, dulunya merupakan salah satu penghubung tebing yang curam, namun sampai saat ini telah lama di bongkar karena pelebaran atau perbaikan jalan, atau sekarang di gantikan denga Tugu Wentira sebagai penanda (Baca : Wentira Palu sebuah Kota yang Penuh Misteri)

Kabar yang menghebohkan seorang mahasiswi STIE Palu, Lin Vita dengan umur 22 tahun, warga Desa Sidera, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah telah menikah dengan penghuni Wentira/Uwentira dan Uventira di Tanah Kaili. Beredarnya kabar ini langsung menghebohkan warga di Kecamatan Sigi Biromaru.
Warga masyarakat percaya karena sampai seminggu lamanya, Lin Vita gadis cantik atau manis di desa, tak pulang-pulang kerumahnya. Semua cara telah dilakukan, termasuk hubungi nomor ponsel sang gadis Lin Vita tidak aktif. Pengakuan dari orang tua dari Lin Vita yang memiliki tiga saudara, anak mereka bertingkah aneh sejak beberapa bulan terakhir. Sikap atau perkataannya tak lagi seperti Lin Vita, dia bertingkah tidak seperti biasanya, termasuk bicara atau gaya bahasanya.

Sangat banyak cerita rakyat tentang misteri Wentira, bahkan ada beberapa orang yang mengaku pernah masuk ke alam gaib Wentira. Menurut beberapa saksi yang pernah masuk mengatakan bahwa di dalam kota gaib tersebut suasana kotanya menglahkn kota-kota terbesar di dunia. Kota Wentira dipenuhi dengan gedung-gedung mewah yang bertingkat. Mobil-mobil semuanya mewah-mewah, apalagi fasilitas yang terdapat di sana tidak di temukan di dunia nyata.

Kejadian lain yang pernah didengar menurut kesaksian orang, misalnya yang paling sering terjadi yang saya dengar dari orang-orang yang tinggal di sekitar tugu Wentira adalah sering datang kiriman dari beberapa daerah, namun tidak ada seorang yang mengaku memiliki barang yang dikirim. Nama yang tercantum tidak ada di sekitar tugu Wentira. Bahkan ada cerita seseorang yang memesan mobil BMW i series dengan warna kuning dengan memberikan alamat WENTIRA. Pemesan merupakan seorang pria tua tanpa ada keanehan, menurut sales perusahaan tersebut. Setelah mobil tersebut di antarkan, ternyata tempat yang mereka datangi hanyalah hutan lebat.

Banyak juga warga di sekitar Wentira mengatakan, apabila ada kendaraan lewat daerah tersebut harus membunyikan klakson sebanyak tiga kali agar perjalanan mereka lancar sampai tujuan. Ada juga cerita yang lebih para dari kisah wentira : Suatu hari di Pulau kalimantan ada sebuah tebing yang penuh dengan sarang burung walet tetapi tak seorang pun yang bisa memanjatnya, pada suatu ketika ada seorang pemuda dengan santai memanjat tebing itu meski tanpa pengaman, melihat aksi dari pemuda itu warga serompak terkejut ketika turun para warga datang bertanya kepada pemuda itu karena wajahnya agak asing di mata warga, ketika para penduduk bertanya dari mana dia berasal, lalu pemuda itu menjawab dengan lantang ”saya dari Kota Wentira Palu” tak lama kemudian pemuda itu hilang di kerumunan warga. Walaupun cerita ini sepertinya tak mungkin, namun saya menyarankan agar kalian jalan-jalan untuk melihat langsung lokasi Wentira. Cerita tentang keberadaa komunitas “jin”. Cerita tentang misteri Wentira beredar sangat banyak di kalangan masyarakat Kota Palu.

?Peneliti yang kesasar di Wentira?

Kejadian aneh yang sering terjadi bagi peneliti di sekitar gunung kebun kopi (Wentira) saat melakukan pengambilan data. Ada beberapa peneliti bahkan orang yang mengerjakan proyek di sekitar Tugu Wentira sering kesasar. Tanpa sadar mereka seaka-akan berada di suatu daerah yang aneh, tanpa bisa keluar, atau tidak mengetahui arah yang mereka jalani. Kejadian ini sering dialami oleh beberapa peneliti. Menurut cerita mereka yang pernah kesasar, mereka masuk ke Kota Wentira, tiba-tiba melihat sebuah kota yang megah namun karena mungkin tidak di restui, atau beberapa saat kemudian mereka menemukan jalan yang dilaluinya.

?Ciri-ciri Mahluk yang berasal dari Kota Wentira?

Daerah Wentira yang ditandai dengan sebuah tugu yang berwarna kuning, yang merupakan sebuah pengganti jembatan kayu yang beratap yang digunakan tahun 1980-an maka setiap kendaraan yang melewatinya wajib untuk memberi kode berupa melakan lampu jauh saat melalui di malam hari dan membunyikan klakson sebanyak 3 kli sebagai tanda permisi. Selaku warga kota palu yang sering melewati, kawasan Wentira bahkan sering singgah istirahat di sekitar Tugu, saat ini banyak warga yang menjual-jual makanan ringan di sekitarnya. Kawasannya memang cukup terpencil, bahkan beberapa mobil yang mengangkut hasil alam sering istirahat di kawasan ini. Tugu Wentira terdapat tulusan Ngapa Wentira yang berarti kampong Wentira, dalam bahasa kaili Ngapa berarti kampong, atau Wentira dan Uwentira sering orang mengartikan sebagai kasat mata. Namun dalam bahasa kaili bunyi huruf V mirip dengan W, sehingga orang-orang sering menuliskan dengan W namun pada dasarnya yang benar adalah V. Sehingga yang benar dalam bahasa Kaili Uwentira seharusnya Uventira.
Dalam bahasa kaili kata Uventira terdiri dari dua buah suku kata Uve atau Ntira selengkapnya baca di (Wentira Palu sebuah Kota yang Penuh Misteri). Nah sekarang bagaimana ciri-ciri mahluk dan warga yang berasal dari kota Uventira? Apakah ada bedanya dengan masyarakat seperti kita? Apa ciri-ciri utama yang membedakannya?. Warga kota Palu sudah mengenal baik cir-ciri mereka, karena mereka sering berkeliaran di beberapa wilayah kota Palu. Ciri-ciri mahluk Wentira adalah tidak memliki garis pemisah di antara hidung atau di atas tengah bibir, sehingga secara kasat mata seperti manusia normal.
Demikian beberapa cerita tentang misteri wentira, atau masih banyak lagi cerita lain tentang misteri Wentira seperti pengobatan yang diluar akal manusia, atau metode pengobatan tradisional menggunakan upacara-upacara adat yang sering di lakukan oleh masyarakat kota Palu. Kesimpulan dari cerita misteri wentira, menurut beberapa pengalaman atau cerita masyarakat Kota Palu Wentira dan Uventira berada di pegunungan Sulawesi Tengah tepatnya di jalur Jalan Poros Palu-Parigi (dikenal dengan Kebun Kopi). Wilayah Wentira di tandai dengan tugu yang berwarna kuning bertuliskan Ngapa Uwentira. Ciri-ciri orang yang berasal dari wentira tidak memiliki garis pemisah di antara hidung atau di atas tengah bibir. Melewati wilayah wentira wajib membunyikan klakson dan lampu sebagai tanda .

Apa ada hubunganya dengan kota atlantis?

ArtikelinfoduniaPeristiwaFakta UnikInformasi MenarikViralWow
×

  • expos
  • bagikan
  • malsa
  • listHD
  • night
×

bagikan

×

×

bagikan

×

3 0 0 0 0 0
3

Di Swiss Ada Bioskop Yang Memiliki Toliet dengan layar sehingga tidak ketinggalan filemnya

Euforia film Avengers: Endgame membuat sebagian besar bioskop saat ini masih dalam keadaan ramai pen...[±245 kata]

×

×

bagikan

×

3 0 0 0 0 0
3

Kapsul Untuk Tidur Tunawisma Di Jerman

Tim desainer dan pengembang yang berbasis di Jerman bernama Ulmer Nest telah menciptakan pod tidur y...[±299 kata]

×

×

bagikan

×

3 0 0 0 0 0
3

Tren Mengecat Anjing di China

Penggemar anjing di Cina sedang keranjingan tren baru: mengecat bulu binatang peliharaan mereka. Cat...[±246 kata]

×

×

bagikan

×

3 0 0 0 0 0
3

Jepang Mengembangkan Rumah Melayang Untuk melindungi Dari Gempa

Jika Anda penyuka film Star Wars atau Star Trek, tentu masih jika kedua film tersebut banyak menyugu...[±226 kata]

×

×

bagikan

×

3 0 0 0 0 0
3

KISAH KETEGUHAN IMAN MASYITAH

Wanita Mulia yang Makamnya Harum Semerbak Sahabat kisah ini sudah hampir dilupakan oleh kalangan umm...[±555 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Bocoran Honda New Vario 160, Benarkah Lebih Powerful ?

Kehadiran all new PCX 160 dengan mesin baru membawa asumsi yang cukup beragam , pasal nya sudah menj...[±478 kata]

×

×

bagikan

×

3 0 0 0 0 0
3

MENGHINDARI GANGGUAN JIN

MENGHINDARI GANGGUAN JIN Jangan menggantung baju di kamar mandi. Setan akan masuk ke dalam baju ter...[±332 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Metode Mendesain serta Menjahit Kebaya

Kebaya modifikasi ialah suatu blus berlengan panjang yang dipakai diluar kain maupun sarung yang men...[±307 kata]

×

×

bagikan

×

3 0 0 0 0 0
3

Ruangan Anti Cerai

Ini adalah ruangan anti cerai yang berada di Rumania, Pasangan yang hendak bercerai akan dikurung se...[±237 kata]

×

×

bagikan

×

3 0 0 0 0 0
3

Sapi-sapi terbesar di dunia

Saat ini dikenal ratusan varietas sapi yang tersebar di seluruh dunia. Masing-masing negara mencoba...[±2547 kata]

×

×

bagikan

×

3 0 0 0 0 0
3

Daftar Lengkap Tanaman Rempah-Rempah, Bumbu dan Penyedap Masakan

Indonesia dikenal sebagai salah satu surga kuliner dengan bermacam jenis makanan. Setiap daerah bahk...[±3098 kata]

×

×

bagikan

×

3 0 0 0 0 0
3

Spesies burung paling misterius di Indonesia

Berikut ini Spesies burung paling misterius di Indonesia 1. Sikatan Aceh Sikatan Aceh atau Ruck&rs...[±2893 kata]

×

×

bagikan

×

2 0 0 0 0 0
2

Inilah Kuda-kuda terbaik di Dunia

Kuda diyakini sebagai salah satu ternak paling berpengaruh sepanjang peradaban manusia. Selain menja...[±3287 kata]

×

×

bagikan

×

3 0 0 0 0 0
3

Valentine di Jepang, Justru Wanita yang Berikan Cokelat ke Pria

Valentine juga ternyata dirayakan di Jepang. Berbeda dengan perayaan hari kasih sayang dalam kebuday...[±210 kata]

×

×

bagikan

×

2 0 0 0 0 0
2

Niat, Doa dan Ijab Qobul Berqurban Idul Adha

Assalamualaikum Warohmatullahi WabarokatuhNIAT, DO'A DAN IJAB QOBUL BERQURBAN UNTUK IDUL ADHA بس...[±174 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Fungsi Tangki Panel Fiberglass Lengkap

Menjadi salah satu tandon air yang bermanfaat untuk kehidupan,sepertinya tangki air tak asing lagi d...[±238 kata]

×

×

bagikan

×

3 0 0 0 0 0
3

Buku Berusia 2000 tahun Yang Dianggap Sebagai Bukti Keberadaan Nabi ISA AS

Sebuah peninggalan kuno yang menurut ilmuwan berumur 2.000 tahun, dipercaya menunjukkan potret awal...[±356 kata]

×

×

bagikan

×

3 0 0 0 0 0
3

Deretan Alasan Mengapa Jumat Disebut Tuan Semua Hari

 Hari Jumat memiliki makna penting dalam Islam. Dalam Islam, hari Jumat juga disebut sebagai 's...[±696 kata]

×

×

bagikan

×

3 0 0 0 0 0
3

Dua Juta Tahun Lalu, Manusia Makan Burung Raksasa Seberat 453 Kilogram

Ketika manusia purba pertama kali tiba di Eropa, mereka mungkin hidup berdampingan dengan burung ter...[±590 kata]

×

×

bagikan

×

3 0 0 0 0 0
3

Upaya Sains Merekayasa Genetik Ayam Supaya Kembali Berwujud Dinosaurus

Para peneliti biologi di Amerika Serikat pernah mengumumkan bahwa mereka telah memodifikasi paruh em...[±671 kata]

×

×

bagikan

×

3 0 0 0 0 0
3

Tak Sadar Tanam Mangga Sultan, Petani India Kewalahan Jaga Kebun dari Maling

Seorang petani India tak sadar telah menanam pohon mangga dari Jepang yang harganya selangit. Kini,...[±287 kata]

×

×

bagikan

×

3 0 0 0 0 0
3

El Salvador bagikan bitcoin ke warganya untuk dana bantuan sosial

Dalam masa pandemi, berbagai negara menggunakan berbagai macam cara untuk menyejahterakan masyarakat...[±238 kata]