0%
×

-bahasa-

Selamat datang di POSGAR.com bagikan dan dapatkan informasi menarik dari netizen untuk netizen dan oleh netizen ;D #demokreasi #infodunia #infosegar #posgar
×

  • url:
×

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Kota "Wentira" kota peradaban maju ditengah hutan palu

[ Kota "Wentira" kota peradaban maju ditengah hutan palu ]

Terletak disebuah kawasan hutan lindung yang bernama Wentira. Masyarakata Toraja menyebutnya To Wae Ntira. Menurut beberapa kawan menceritakan pengalaman mereka saat bertemu dengan orang-orang To Wentira. Katanya, seolah-olah terombang-ambing diantara dunia nyata dan dunia maya, rasionalitas, dan supranatural. Bingung bercampur takjub. Antara percaya dan tidak percaya. Menurut mereka yang pernah ke Kota Wentira, kota itu sangat modern, dengan kemewahan yang sangat luar biasa. Semua jenis kendaraan ada disana termasuk kereta api cepat bahkan MRT.

Masyarakatnya kota Wentira sangat makmur dan serba berada. Beberapa orang telah menjelaskan dimana dan bagaimana cara masuk ke kota Wentira. Bagi pengunjung wisatapalu.com pintu untuk masuk ke kota Wentira terdapat beberapa daerah, salah satunya adalah di sekitar tugu Wentira, dan beberapa daerah yang ada di Kota Palu, yaitu di sekitar lokasi bekas pelaksanaan STQ, orang Palu cukup mengenal dengan STQ, terdapat tugu di bundaran ke arah timur naik ke atas bukit, dipercaya sebagai salah satu jalan menuju Wentira. Di belakang area STQ terdapa gedung-gedung kosong dan konon disitu dihuni oleh mahluk-mahluk gaib yang berasal dari Wentira (catatan : saat menulis artikel ini bulu kudu saya merinding). Daerah yang lainnya terdapat di sekitar Tawaeli, tepatnya di Desa Baiya,karena di desa ini sering melakukan upacara penyembuhan, dan konon menggunakan mahluk-mahluk yang berasal dari Wentira. Berkenaan dengan jembatan beratap yang sering di tuliskan beberapa media, yang mengatakan sebagai salah jalan menuju kota Wentira, sebenarnya jembatan ini terbuat dari kayu beratap yang merupakan peninggalan Belanda, dulunya merupakan salah satu penghubung tebing yang curam, namun sampai saat ini telah lama di bongkar karena pelebaran dan perbaikan jalan, dan sekarang di gantikan denga Tugu Wentira sebagai penanda (Baca : Wentira Palu sebuah Kota yang Penuh Misteri)

Kabar yang menghebohkan seorang mahasiswi STIE Palu, Lin Vita dengan umur 22 tahun, warga Desa Sidera, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah telah menikah dengan penghuni Wentira/Uwentira atau Uventira di Tanah Kaili. Beredarnya kabar ini langsung menghebohkan warga di Kecamatan Sigi Biromaru.
Warga masyarakat percaya karena sampai seminggu lamanya, Lin Vita gadis cantik dan manis di desa, tak pulang-pulang kerumahnya. Semua cara telah dilakukan, termasuk hubungi nomor ponsel sang gadis Lin Vita tidak aktif. Pengakuan dari orang tua dari Lin Vita yang memiliki tiga saudara, anak mereka bertingkah aneh sejak beberapa bulan terakhir. Sikap dan perkataannya tak lagi seperti Lin Vita, dia bertingkah tidak seperti biasanya, termasuk bicara dan gaya bahasanya.

Sangat banyak cerita rakyat tentang misteri Wentira, bahkan ada beberapa orang yang mengaku pernah masuk ke alam gaib Wentira. Menurut beberapa saksi yang pernah masuk mengatakan bahwa di dalam kota gaib tersebut suasana kotanya menglahkn kota-kota terbesar di dunia. Kota Wentira dipenuhi dengan gedung-gedung mewah yang bertingkat. Mobil-mobil semuanya mewah-mewah, apalagi fasilitas yang terdapat di sana tidak di temukan di dunia nyata.

Kejadian lain yang pernah didengar menurut kesaksian orang, misalnya yang paling sering terjadi yang saya dengar dari orang-orang yang tinggal di sekitar tugu Wentira adalah sering datang kiriman dari beberapa daerah, namun tidak ada seorang yang mengaku memiliki barang yang dikirim. Nama yang tercantum tidak ada di sekitar tugu Wentira. Bahkan ada cerita seseorang yang memesan mobil BMW i series dengan warna kuning dengan memberikan alamat WENTIRA. Pemesan merupakan seorang pria tua tanpa ada keanehan, menurut sales perusahaan tersebut. Setelah mobil tersebut di antarkan, ternyata tempat yang mereka datangi hanyalah hutan lebat.

Banyak juga warga di sekitar Wentira mengatakan, apabila ada kendaraan lewat daerah tersebut harus membunyikan klakson sebanyak tiga kali agar perjalanan mereka lancar sampai tujuan. Ada juga cerita yang lebih para dari kisah wentira : Suatu hari di Pulau kalimantan ada sebuah tebing yang penuh dengan sarang burung walet tetapi tak seorang pun yang bisa memanjatnya, pada suatu ketika ada seorang pemuda dengan santai memanjat tebing itu meski tanpa pengaman, melihat aksi dari pemuda itu warga serompak terkejut ketika turun para warga datang bertanya kepada pemuda itu karena wajahnya agak asing di mata warga, ketika para penduduk bertanya dari mana dia berasal, lalu pemuda itu menjawab dengan lantang ”saya dari Kota Wentira Palu” tak lama kemudian pemuda itu hilang di kerumunan warga. Walaupun cerita ini sepertinya tak mungkin, namun saya menyarankan agar kalian jalan-jalan untuk melihat langsung lokasi Wentira. Cerita tentang keberadaa komunitas “jin”. Cerita tentang misteri Wentira beredar sangat banyak di kalangan masyarakat Kota Palu.

?Peneliti yang kesasar di Wentira?

Kejadian aneh yang sering terjadi bagi peneliti di sekitar gunung kebun kopi (Wentira) saat melakukan pengambilan data. Ada beberapa peneliti bahkan orang yang mengerjakan proyek di sekitar Tugu Wentira sering kesasar. Tanpa sadar mereka seaka-akan berada di suatu daerah yang aneh, tanpa bisa keluar, dan tidak mengetahui arah yang mereka jalani. Kejadian ini sering dialami oleh beberapa peneliti. Menurut cerita mereka yang pernah kesasar, mereka masuk ke Kota Wentira, tiba-tiba melihat sebuah kota yang megah namun karena mungkin tidak di restui, dan beberapa saat kemudian mereka menemukan jalan yang dilaluinya.

?Ciri-ciri Mahluk yang berasal dari Kota Wentira?

Daerah Wentira yang ditandai dengan sebuah tugu yang berwarna kuning, yang merupakan sebuah pengganti jembatan kayu yang beratap yang digunakan tahun 1980-an maka setiap kendaraan yang melewatinya wajib untuk memberi kode berupa melakan lampu jauh saat melalui di malam hari atau membunyikan klakson sebanyak 3 kli sebagai tanda permisi. Selaku warga kota palu yang sering melewati, kawasan Wentira bahkan sering singgah istirahat di sekitar Tugu, saat ini banyak warga yang menjual-jual makanan ringan di sekitarnya. Kawasannya memang cukup terpencil, bahkan beberapa mobil yang mengangkut hasil alam sering istirahat di kawasan ini. Tugu Wentira terdapat tulusan Ngapa Wentira yang berarti kampong Wentira, dalam bahasa kaili Ngapa berarti kampong, dan Wentira atau Uwentira sering orang mengartikan sebagai kasat mata. Namun dalam bahasa kaili bunyi huruf V mirip dengan W, sehingga orang-orang sering menuliskan dengan W namun pada dasarnya yang benar adalah V. Sehingga yang benar dalam bahasa Kaili Uwentira seharusnya Uventira.
Dalam bahasa kaili kata Uventira terdiri dari dua buah suku kata Uve dan Ntira selengkapnya baca di (Wentira Palu sebuah Kota yang Penuh Misteri). Nah sekarang bagaimana ciri-ciri mahluk atau warga yang berasal dari kota Uventira? Apakah ada bedanya dengan masyarakat seperti kita? Apa ciri-ciri utama yang membedakannya?. Warga kota Palu sudah mengenal baik cir-ciri mereka, karena mereka sering berkeliaran di beberapa wilayah kota Palu. Ciri-ciri mahluk Wentira adalah tidak memliki garis pemisah di antara hidung dan di atas tengah bibir, sehingga secara kasat mata seperti manusia normal.
Demikian beberapa cerita tentang misteri wentira, dan masih banyak lagi cerita lain tentang misteri Wentira seperti pengobatan yang diluar akal manusia, dan metode pengobatan tradisional menggunakan upacara-upacara adat yang sering di lakukan oleh masyarakat kota Palu. Kesimpulan dari cerita misteri wentira, menurut beberapa pengalaman dan cerita masyarakat Kota Palu Wentira atau Uventira berada di pegunungan Sulawesi Tengah tepatnya di jalur Jalan Poros Palu-Parigi (dikenal dengan Kebun Kopi). Wilayah Wentira di tandai dengan tugu yang berwarna kuning bertuliskan Ngapa Uwentira. Ciri-ciri orang yang berasal dari wentira tidak memiliki garis pemisah di antara hidung dan di atas tengah bibir. Melewati wilayah wentira wajib membunyikan klakson atau lampu sebagai tanda .

Apa ada hubunganya dengan kota atlantis?

Artikel
<<
×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Sampurasun ! Hari ini 13 Oktober 2019, sedang berlangsung kegiatan ‌perang tomat /Rempug Tarung di Desa Cikidang Kec. Lembang dari pukul 8 pagi s...[±225 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Kata ‘Kamera’ sebenarnya berasal dari bahasa arab yaitu kamrah yang berarti ‘ruangan’. Kamrah yang dirancang oleh Ibnu Al-Hait...[±307 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Hallo morvers, bagi pengguna motor minerva mungkin sudah tidak asing lagi dengan substitusi sparepart kendaraanya ke motor yang lainnya (PNP) karena p...[±677 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Pernah mendengar tentang Mandarin Duck atau bebek Mandarin? Mungkin bagi sebagian orang Indonesia masih merasa asing dengan bebek ini. Belum lama ini...[±202 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Lalu, daerah mana saja sih yang berkesempatan untuk mengamatinya?Sebelum itu, sudah tahukah kamu apa itu gerhana Matahari cincin? Jadi, tidak cuma ada...[±273 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Di mana kamu akan tinggal? 1. Koloni Mars: Manusia di masa depan akan hidup di habitat bawah tanah / tertutup di berbagai planet / bulan 2. Bishop Ri...[±139 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

1. Download lah sebuah file berukuran besar seperti film dengan IDM, lalu ambil screenshot kecepatan dwonload-nya. Gambar screenshot ini nantinya akan...[±128 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Garuda merupakan mahluk mitologi yang berasal dari kebudayaan Hindu.Wujudnya digambarkan seperti manusia burung dengan bulu keemasan dan mahkota dikep...[±130 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Pernikahan memang sesuatu yang rumit dan biasanya menghabiskan banyak uang.Namun, tidak untuk pasangan pengantin asal Malaysia ini di mana mereka teta...[±296 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Tahukah Anda, AL-KHAWARIZMISalah satu ilmuwan besar yang terlahir pada masa kegemilangan Islam adalah Muhammad Ibn Musa Al Khawarizmi. Dia berasal dar...[±200 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Hitarth Dholakia (23) namanya. Anak Savji Dholakia, miliarder sekaligus pebisnis berlian asal India. Harta kekayaan keluarganya ditaksir mencapai AS$9...[±566 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Kamu punya mantan yang masih bikin terngiang-ngiang sampai sekarang? Nampaknya kamu perlu terapi ini. Sekarang ada beneran jasa terapi melupakan manta...[±137 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Otoritas Rusia untuk wilayah Chechnya pada Jumat, 23 Agustus 2019, meresmikan sebuah masjid yang diklaim sebagai masjid terbesar di Eropa. M...[±177 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Beras coklat atau brown rice atau beras pecah kulit. Kenapa dinamakan begitu? Karena selain warnanya coklat, proses penggilingan brown rice (dari padi...[±423 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Posgar.com - ‘Mamemek’ atau yang lebih populer disebut dengan ‘Memek’ ( huruf ‘e’ dibaca seperti menyebut kata &ls...[±270 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Pekerjaannya sebagai penjaga makam, Ilham pun tak luput dari sekelumit kisah mistis.Dirinya mengaku awal bekerja kerap mengalami hal - hal yang aneh....[±186 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Setiap peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia, semua masyarakat Indonesia menyambutnya dengan semangat berkobar. Hampir di mana-mana, te...[±152 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Sungai amazon masih menyimpan banyak misteri di dalamnya. Dari mulai hutannya yang sangat menakutkan, keanekaragaman hayati yang kaya dan mengerikan,...[±270 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Adzan adalah kalimat tauhid yang dilantunkan oleh muazin sebagai seruan untuk mengajak umat Islam segera mendirikan sholat, dan hal yang mengejutkan a...[±172 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Perubahan besar kabarnya akan melanda WhatsApp, layanan messaging yang saat ini paling banyak penggunanya di dunia. Bocorannya, WhatsApp akan dapat di...[±230 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Seorang mahasiswa ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya yang bernama Muharom Gani Irwanda tengah menjadi sorotan. Pasalnya mahasiswa itu m...[±165 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Kedai ini pasti akan membuat pengunjung sekaligus pecinta kuliner di Festival Kebudayaan Yogyakarta terkejut. Pasalnya, kedai tersebut menyajikan menu...[±305 kata]