× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
8 0 0 0 0 0
8
   ic_mode_light.png

Muhadjir Sebut RI Sudah Menuju Endemi Covid Secara De Facto

Indonesia,

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut Indonesia secara de facto sudah menuju ke endemi virus corona (Covid-19).

“Tetapi dilihat dari beberapa indikator itu kita sebetulnya de facto (secara fakta) sudah menuju ke endemi," kata Muhadjir dalam keterangan resminya, Kamis (12/5).

Muhadjir menegaskan kondisi itu sudah berdasarkan pelbagai indikator data-data penyebaran virus corona di Indonesia. Di antaranya angka kasus aktif, positivity rate, tingkat okupansi rumah sakit dan angka kematian yang rendah.

“Sekarang sudah ada tanda-tanda bukan tertinggi dari penyakit yang ada," ujar dia.

Tak hanya itu, Muhadjir mengutip survei internal yang dilakukan Kemenko PMK di 18 Rumah sakit DKI Jakarta pada bulan Februari 2022. Riset itu menunjukkan angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia telah turun di peringkat ke-14.

Muhadjir merinci saat ini kematian paling tinggi dikarenakan sakit kanker. Kemudian disusul oleh pneumonia dan pneumonia non spesifik.

“Dan sekarang Covid-19 yang meninggal sudah di ranking 14. Jadi sudah bukan lagi ancaman," ucapnya.

Meski kasus Covid-19 membaik, Muhadjir tetap meminta masyarakat tetap waspada dan berhati-hati. Mengingat kasus meninggal dan yang terjangkit juga masih ada.

Muhadjir mengatakan, transisi pandemi ke endemi ini dipertaruhkan setelah libur lebaran Idulfitri tahun ini. Bila pasca Idulfiri tidak ada tambahan kasus signifikan, maka Covid-19 di Indonesia akan segera menjadi endemi.

“Taruhannya setelah libur tahunan ini. Kalau nanti setelah Idul Fitri, 2 minggu atau 3 minggu nanti tidak ada kenaikan kasus. Maka kita optimis segera transisi ke endemi," ucapnya. Cnnindonesia.com

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
infoduniaBeritaWowViral
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+