× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
7 0 0 0 0 0
7
   ic_mode_light.png

Gunung Everest Ternyata Terus Tumbuh Menjulang Setiap Tahun

Everest,

Ilmuwan mencari tahu apakah besar dan tinggi gunung di Bumi memiliki batasan. Gunung Everest menjulang 8.848,86 meter di atas permukaan laut, menurut survei gabungan resmi terbaru yang dilakukan China dan Nepal, dua negara tempat rangkaian pegunungan Himalaya berdiam.

Tapi, Everest bukan satu-satunya raksasa di pegunungan ini. Sebanyak 10 dari 14 puncak dunia dengan ketinggian lebih tinggi dari 8.000 m di atas permukaan laut, dapat ditemukan di pegunungan Himalaya.

Ahli geologi dan manajer program senior National Geographic Society di Amerika Serikat Aurora Elmore mengatakan, Everest ada di antara "raksasa-raksasa" Himalaya lainnya.

"Jika Anda pernah terbang di atas Greenland atau Pegunungan Rocky di Kanada, Anda dapat melihat gunung-gunung besar, tetapi Himalaya berada di level lain," kata Elmore seperti dikutip dari BBC.

Sejarah pengukuran gunung tertinggi di dunia itu dimulai pada tahun 1852. Di tahun yang sama, di Eropa, Charles Dickens menerbitkan serial novelnya bertajuk Bleak House. Sementara itu, Amerika Utara telah mulai menguji mesin pemadam kebakaran bertenaga uap pertamanya. Di Asia, ketinggian Gunung Everest masih menjadi misteri sehingga hanya dikenal sebagai "Puncak XV".

Radhanath Sikdar, seorang matematikawan India, dipekerjakan oleh Inggris untuk mengerjakan Great Trigonometrical Survey mereka. Mereka ingin mengumpulkan gambaran geografis yang lebih akurat tentang wilayah yang mereka duduki sehingga mereka dapat mengontrolnya secara lebih efektif, baik untuk tujuan perdagangan atau militer.

Menggunakan trigonometri, Sikdar mengukur sudut horizontal dan vertikal puncak Everest dari puncak gunung lain yang posisi dan ketinggiannya sudah diketahui. Dengan melakukan itu, dia membuat penemuan penting: gunung tertinggi yang pernah tercatat. Menurut perhitungannya, gunung itu memiliki ketinggian 8.839,8 meter.

Pada tahun 2020, tim dari China dan Nepal bersama-sama menyepakati ketinggian baru yang diterima secara resmi, yakni 0,86 meter lebih tinggi dari hasil perhitungan survei India. Detikinet

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaWowFakta UnikInformasi MenarikPendidikan
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+