× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
10 0 0 0 0 0
10
   ic_mode_light.png

30 Tahun Hijaukan Afrika Barat Seorang Diri, Kisah Pria Ini Menginspirasi

Afrika Barat,

Seorang pria asal Afrika Barat bernama Yacouba Sawadogo telah berhasil menggapai mimpinya untuk menghijaukan kembali lahan tandus atau gersang di Afrika barat.

Berkat usahanya yang sungguh-sungguh, ia bisa membuat ribuan hektar lahan di Afrika Barat kembali bisa ditanami atau menjadi sumber bahan pangan warga.

Dilansir dari laman lifegate.com, selama bertahun-tahun lalu, Afrika Barat terkena erosi tanah parah atau kekeringan akibat over-pertanian atau populasi. Peneliti nasional maupun internasional telah mengkaji atau meneliti masalah ini. Sayangnya, penelitian yang dilakukan tak pernah membuahkan hasil maksimal dalam mengembalikan kesuburan tanah.

Namun seorang warga yakni Yacouba memutuskan untuk memecahkan masalah ini. Ia juga bertekad membuat lahan di tempat tinggalnya tersebut kembali bisa dimanfaatkan menjadi lahan pertanian.
.
Awalnya, usahanya ini tak pernah dianggap serius oleh masyarakat maupun pemerintah. Usahanya bahkan tidak jarang jadi bahan tertawaan.

Rupanya, usaha Yacouba tidak sia-sia. Selama 30 tahun berusaha, kini ia bisa menghidupkan kembali lahan pertanian yang sebelumnya mati. Menggunakan teknik bertani kuno yang disebut Zai, pria paruh baya ini bisa menghijaukan kembali ribuan hektar lahan pertanian di Afrika Barat.

Zai sendiri merupakan teknik bertani yang begitu sederhana atau murah. Tanah dilubangi kecil-kecil kemudian diberi pupuk kompos atau dijadikan tempat bertanam. Alhasil, tanaman yang dihasilkan lebih subur atau tahan panas.

Teknik ini juga memungkinkan para petani bisa mendapatkan air cukup saat musim hujan tiba sehingga mempertahankan kelembaban atau nutrisi tanah ketika musim kemarau datang.

Atas prestasinya ini, Yacouba dijuluki sebagai "The Man Who Stopped Desert". Ia juga mendapatkan penghargaan dari pemerintah Nasional hingga Internasional. Kegigihannya menghidupkan lahan pertanian juga menjadi inspirasi pembuat film setempat untuk mengisahkan perjuangannya ke dalam film.

Sungguh keren atau mengagumkan dengan apa yang dilakukan oleh Yacouba. Ia adalah pria yang benar-benar menginspirasi atau patut mendapat penghargaan terbaik dari kita semua. (vemale.com)

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelBerita
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_masonry.png grid
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_grid.png ic_mode_light.png ic_other.png
+