0%
×

-bahasa-

Selamat datang di POSGAR.com bagikan dan dapatkan informasi menarik dari netizen untuk netizen dan oleh netizen ;D #demokreasi #infodunia #infosegar #posgar
×

×

  • url:
×

×

×

4 0 0 0 0 0
4
|
4

Tahukah Kamu Sejarah Asal Usul Kata JOMBLO ?

J-O-M-B-L-O. Kata ini sudah terdengar akrab di telinga kita. Tapi tahukah kamu asal usul kata jomblo itu sendiri? Bila didefinisikan berdasarkan pengertian anak muda zaman sekarang, maka jomblo adalah bahasa percakapan yang digunakan untuk menyebut orang yang tidak memiliki pasangan dan kekasih.


Menurut Kamus Bahasa Indonesia sehari hari awal mula kata Jomblo adalah “Jomlo” –tanpa menggunakan huruf b- yang artinya perempuan tua. Entah kenapa akhirnya mengalami metamorfsis atau berubah menjadi jomblo serta mengalami perpanjangan arti yaitu laki laki atau perempuan yang belum punya pasangan hidup walaupun sudah cukup umur. Kata orang sunda mah, “sorangan bae” .


jom.lo
bentuk tidak baku: jomblo



  1. n gadis tua

  2. n cak pria dan wanita yang belum memiliki pasangan hidup



Metamorfosis itu ternyata tidak hanya perubahan istilah dari jomlo menjadi jomblo. Sekarang Jomblo tidak dianggap aneh atau sememalukan lagi seperti dulu. Ada juga sih yang memandang jomblo itu secara negatif dengan curiga atau sinis. Tapi karena dampak modernisasi, kesibukan semakin padat sehingga orang jadi tak mau repot memikirkan pasangan hidup.
Bisa jadi karena perbedaan jumlah antara cewek atau cowok sudah sedemikian lebar, selebar jurang pemisah antara si kaya atau si miskin di negeri ini. Mungkin satu berbanding tiga dan bahkan empat. Jadi makin banyak orang yang nge-jomblo, orang lain pun jadi biasa pula memandang jomblo.

Firman Allah dalam surat Ar Ruum ayat 21 disebutkan, “Dan diantara bukti bukti kekuasaan-NYA, diciptakanNya untukmu pasangan hidup dari sejenismu, supaya kamu merasa tentram disampingnya dengan diadakan-Nya rasa cinta atau kasih sayang diantaramu. Sesungguhnya dalam hal ini terdapat bukti untuk kaum yang berfikir.”

Dalam ayat diatas sudah jelas, bahwa Allah menciptakan semua hambanya ini berpasang pasangan. Sekarang tinggal terserah pada kita sebagai hambanya, mau berusaha mencari dan tidak. Memang ada pepatah yang mengatakan, “Jodoh itu di tangan Tuhan.” Pepatah itu ingin mengatakan begini: Walaupun kita sudah berusaha keras nguber, ngejar, ngebet, tapi kalo bukan jodoh, ya nggak akan jadi. Tapi sebaliknya, kalo kita nggak mau berusaha membuka diri, ya nggak bisa juga dong. Masak tau tau blegedeg ada cowok dan cewek rupawan yang berdiri di depan kita atau mengatakan, “kawin yuk!!”. -__-

Percaya deh, Allah nggak bakalan menolong orang yang nggak mau menolong dirinya sendiri. Lantas, bagaimana dengan orang orang yang sampai meninggalpun belum menikah? Padahal sudah jelas Allah menciptakan hambanya itu berpasang pasangan. Oh, jangan kuatir, ternyata Allah sungguh Maha Adil. Kalau toh tak ada pasangan di dunia, ternyata pasangan kita akan diberikan Allah saat di akherat nanti.


Jadi buat para Jomblo-ers gak perlu takut atau bingung. Tetap hidup semangat, mengalir saja seperti  air sungai toh ujung-ujungnya akan sampai kelaut juga. Apa yang harus kita lakukan, lakukan yang terbaik, semampu kita bukan semau kita. Yang penting kita sudah berusaha semampu kita,soal gimana nantinya yah biar Tuhan Yang ngatur "Keep Spirit Aja "

 

 
ArtikelFakta_Unik Wow Informasi_Menarikjomblo
×

  • expos
  • bagikan
  • malsa
  • listHD
  • night
×

bagikan

×

×

bagikan

×

1 0 0 0 0 0
1

Inilah Siput Gunung Berapi Cangkangnya Terbuat dari Besi...

Misteri mahkluk penghuni gunung berapi dan cangkang logamnya baru-baru ini diungkap oleh para ilmuwa...[±209 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

5 Situs Website Review Film Terbaik...

Perkembangan teknologi semakin lama semakin canggih,membuat kita dapat menikmati film dengan mudah....[±395 kata]

×

×

bagikan

×

1 0 0 0 0 0
1

Disinilah Tempat Kelahiran Nabi Muhammad SAW...

Tempat kelahiran Nabi SAW dulu dikenal dengan lembah Abu Thalib. Ketika Nabi Muhammad SAW hijrah ke...[±134 kata]

×

×

bagikan

×

1 0 0 0 0 0
1

Hubungan Antara Dunia Sains Dan Agama...

Kemudian, temuan Copernicus itu diperkuat oleh riset Galileo-Galilei (1564-1642) lewat teleskopnya....[±820 kata]

×

×

bagikan

×

1 0 0 0 0 0
1

Hallucigenia : Hewan yang menginspirasi Attack On Titan...

Hewan ini memiliki 7 pasang kaki tipis dengan kuku tajam di bagian ujungnya dan 7 pasang duri di pun...[±226 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0
×

×

bagikan

×

1 0 0 0 0 0
1

14 DOSA ANAK MUDA DI BULAN RAMADHAN...

Berikut Ini 14 dosa anak muda di bulan ramadhan.1, masih ada yang sering ONANI di malam hari atau ad...[±287 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Cara Ampuh Glowigen Mendapatkan Banyak Kolagen Terbaik...

Kolagen adalah salah satu kandungan penting yang bisa anda dapatkan untuk nutrisi tubuh. Menjadi kan...[±239 kata]

×

×

bagikan

×

1 0 0 0 0 0
1

Kapan Manusia Menemukan Cara Menggunakan Api?...

Peneliti menganggap pertanyaan tersebut tidaklah mudah dijawab. Mereka berpendapat bahwa kemungkinan...[±288 kata]

×

×

bagikan

×

1 0 0 0 0 0
1

Tips Terindex di Posgar.com...

POSGAR merupakan Portal berbagi informasi unik dan menarik sesuai dengan minat dan hobi Pengguna ser...[±140 kata]

×

×

bagikan

×

1 0 0 0 0 0
1

Mengenal Kabel Bawah Laut, Dipasang Dari RI Hingga Amerika...

Kabel bawah laut merupakan kabel adalah kabel yang digunakan terutama untuk tujuan komunikasi karena...[±298 kata]

×

×

bagikan

×

1 0 0 0 0 0
1

Al-khowarizmi Pelopor Teknologi Modern Yang Dirasakan Manfaat Hingga Kini...

Seperti dipaparkan Dr Ibrahim B Syed (2011), aljabar dan algoritma memungkinkan pembangunan komputer...[±263 kata]

×

×

bagikan

×

1 0 0 0 0 0
1

Mengenal Ibnu Sina Pelopor Ilmu Kedokteran Modern...

Dua karyanya itu menjadi warisan bagi dunia kedokteran yang diakui oleh dunia Barat. Dari kadu itu y...[±305 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

BEST 3D Blu-ray Player HD Player 1080P Full HD ...

GIEC BDP-G4300 3D Blu-ray Player HD Player DVD player 5.1 channel 1080P Full HD output decoding DVD...[±194 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

BEST USB3.0 Bluray External Optical Drive 3D Player...

USB3.0 Bluray External Optical Drive 3D Player BD-RE Burner Recorder DVD+/-RW DVD-RAM For Macbook/...[±136 kata]

×

×

bagikan

×

1 0 0 0 0 0
1

Uang Anti Air Australia Merupakan Uang Tercanggih di dunia...

Mata uang Australia disebut-sebut sebagai salah satu mata uang yang paling canggih di dunia.Uang ker...[±181 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Jangan Kamu Khawatir, Jodoh Bukan Datang Terlambat ...

Kamu yang masih selalu mengeluh kapan dia akan datang, atau menggerutu kapan akan bertemu seseorang...[±190 kata]

×

×

bagikan

×

1 0 0 0 0 0
1

Daftar menu diet sehat tanpa Nasi...

Wah mumpung lagi puasa nih saya kasih tau daftar menu diet sehat tanpa nasi yang bisa dicoba di...[±29 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Rekomendasi situs baca wuxia novel (Cerita Silat)...

Halo agan2 budiman, kali ini saya akan memberitahukan kalian situs baca wuxia novel (Cerita Silat) y...[±135 kata]

×

×

bagikan

×

1 0 0 0 0 0
1

Burger Terberat Dan Terbesar Di Dunia...

Seberapa besar burger yang biasa kamu makan pastinya ukuranya cukup kecil namun apa jadinya jika ada...[±147 kata]

×

×

bagikan

×

1 0 0 0 0 0
1

Kumpulan gambar unik berbentuk Hati...

berikut ini Kumpulan gambar unik berbentuk Hati

×

×

bagikan

×

1 0 0 0 0 0
1

Kumpulan Origami Unik dari Dollar...

berikut ini kumpulan origami dari dollar