0%
×

-bahasa-

Selamat datang di POSGAR bagikan dan dapatkan informasi menarik dari netizen oleh netizen dan untuk netizen ;D #demokreasi #infodunia #artikelompok
×

×

  • url:
×

×

×

4 0 0 0 0 0
4
*
4

Tahukah Kamu Sejarah Asal Usul Kata JOMBLO ?

J-O-M-B-L-O. Kata ini sudah terdengar akrab di telinga kita. Tapi tahukah kamu asal usul kata jomblo itu sendiri? Bila didefinisikan berdasarkan pengertian anak muda zaman sekarang, maka jomblo adalah bahasa percakapan yang digunakan untuk menyebut orang yang tidak memiliki pasangan dan kekasih.


Menurut Kamus Bahasa Indonesia sehari hari awal mula kata Jomblo adalah “Jomlo” –tanpa menggunakan huruf b- yang artinya perempuan tua. Entah kenapa akhirnya mengalami metamorfsis atau berubah menjadi jomblo serta mengalami perpanjangan arti yaitu laki laki atau perempuan yang belum punya pasangan hidup walaupun sudah cukup umur. Kata orang sunda mah, “sorangan bae” .


jom.lo
bentuk tidak baku: jomblo



  1. n gadis tua

  2. n cak pria dan wanita yang belum memiliki pasangan hidup



Metamorfosis itu ternyata tidak hanya perubahan istilah dari jomlo menjadi jomblo. Sekarang Jomblo tidak dianggap aneh atau sememalukan lagi seperti dulu. Ada juga sih yang memandang jomblo itu secara negatif dengan curiga atau sinis. Tapi karena dampak modernisasi, kesibukan semakin padat sehingga orang jadi tak mau repot memikirkan pasangan hidup.
Bisa jadi karena perbedaan jumlah antara cewek atau cowok sudah sedemikian lebar, selebar jurang pemisah antara si kaya atau si miskin di negeri ini. Mungkin satu berbanding tiga dan bahkan empat. Jadi makin banyak orang yang nge-jomblo, orang lain pun jadi biasa pula memandang jomblo.

Firman Allah dalam surat Ar Ruum ayat 21 disebutkan, “Dan diantara bukti bukti kekuasaan-NYA, diciptakanNya untukmu pasangan hidup dari sejenismu, supaya kamu merasa tentram disampingnya dengan diadakan-Nya rasa cinta atau kasih sayang diantaramu. Sesungguhnya dalam hal ini terdapat bukti untuk kaum yang berfikir.”

Dalam ayat diatas sudah jelas, bahwa Allah menciptakan semua hambanya ini berpasang pasangan. Sekarang tinggal terserah pada kita sebagai hambanya, mau berusaha mencari dan tidak. Memang ada pepatah yang mengatakan, “Jodoh itu di tangan Tuhan.” Pepatah itu ingin mengatakan begini: Walaupun kita sudah berusaha keras nguber, ngejar, ngebet, tapi kalo bukan jodoh, ya nggak akan jadi. Tapi sebaliknya, kalo kita nggak mau berusaha membuka diri, ya nggak bisa juga dong. Masak tau tau blegedeg ada cowok dan cewek rupawan yang berdiri di depan kita atau mengatakan, “kawin yuk!!”. -__-

Percaya deh, Allah nggak bakalan menolong orang yang nggak mau menolong dirinya sendiri. Lantas, bagaimana dengan orang orang yang sampai meninggalpun belum menikah? Padahal sudah jelas Allah menciptakan hambanya itu berpasang pasangan. Oh, jangan kuatir, ternyata Allah sungguh Maha Adil. Kalau toh tak ada pasangan di dunia, ternyata pasangan kita akan diberikan Allah saat di akherat nanti.


Jadi buat para Jomblo-ers gak perlu takut atau bingung. Tetap hidup semangat, mengalir saja seperti  air sungai toh ujung-ujungnya akan sampai kelaut juga. Apa yang harus kita lakukan, lakukan yang terbaik, semampu kita bukan semau kita. Yang penting kita sudah berusaha semampu kita,soal gimana nantinya yah biar Tuhan Yang ngatur "Keep Spirit Aja "

 

 
ArtikelFakta_Unik Wow Informasi_Menarikjomblo
×

  • expos
  • bagikan
  • malsa
  • listHD
  • night
×

bagikan

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Inilah Fungsi Solder Uap Yang Jarang Diketahui

Pernah mendengar solder? solder sendiri merupakan salah satu alat elektronik yang apik yang bisa mem...[±217 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Rekomendasi Game Online Terbaik

Menjadi salah satu game apik yang sering dimainkan oleh orang orang,game online adalah salah satu ga...[±298 kata]

×

×

bagikan

×

3 0 0 0 0 0
3

Monte Kali Gunung Garam di Jerman

Monte Kali adalah tengara (landmark) yang tidak biasa di kota kecil Heringer di bagian timur Hesse,...[±293 kata]

×

×

bagikan

×

2 0 0 0 0 0
2

Masjid Alkhaif Mina Tempat Sholat 70 Nabi

Ternyata di kawasan Mina ada sebuah masjid yang pernah dikunjungi 70 nabi untuk sholat. Namun rupany...[±255 kata]

×

×

bagikan

×

2 0 0 0 0 0
2

Kitsugi seni memperbaiki barang pecah dengan emas dari jepang

Orang jepang mempunyai cara sendiri untuk memperbaiki barang pecah belah yaitu menggunakan cairan em...[±201 kata]

×

×

bagikan

×

4 0 0 0 0 0
4

Di Swiss Ada Bioskop Yang Memiliki Toliet dengan layar sehingga tidak ketinggalan filemnya

Euforia film Avengers: Endgame membuat sebagian besar bioskop saat ini masih dalam keadaan ramai pen...[±245 kata]

×

×

bagikan

×

4 0 0 0 0 0
4

Kapsul Untuk Tidur Tunawisma Di Jerman

Tim desainer dan pengembang yang berbasis di Jerman bernama Ulmer Nest telah menciptakan pod tidur y...[±299 kata]

×

×

bagikan

×

4 0 0 0 0 0
4

Tren Mengecat Anjing di China

Penggemar anjing di Cina sedang keranjingan tren baru: mengecat bulu binatang peliharaan mereka. Cat...[±246 kata]

×

×

bagikan

×

4 0 0 0 0 0
4

Jepang Mengembangkan Rumah Melayang Untuk melindungi Dari Gempa

Jika Anda penyuka film Star Wars atau Star Trek, tentu masih jika kedua film tersebut banyak menyugu...[±226 kata]

×

×

bagikan

×

4 0 0 0 0 0
4

KISAH KETEGUHAN IMAN MASYITAH

Wanita Mulia yang Makamnya Harum Semerbak Sahabat kisah ini sudah hampir dilupakan oleh kalangan umm...[±555 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Bocoran Honda New Vario 160, Benarkah Lebih Powerful ?

Kehadiran all new PCX 160 dengan mesin baru membawa asumsi yang cukup beragam , pasal nya sudah menj...[±478 kata]

×

×

bagikan

×

4 0 0 0 0 0
4

MENGHINDARI GANGGUAN JIN

MENGHINDARI GANGGUAN JIN Jangan menggantung baju di kamar mandi. Setan akan masuk ke dalam baju ter...[±332 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Metode Mendesain serta Menjahit Kebaya

Kebaya modifikasi ialah suatu blus berlengan panjang yang dipakai diluar kain maupun sarung yang men...[±307 kata]

×

×

bagikan

×

4 0 0 0 0 0
4

Ruangan Anti Cerai

Ini adalah ruangan anti cerai yang berada di Rumania, Pasangan yang hendak bercerai akan dikurung se...[±237 kata]

×

×

bagikan

×

4 0 0 0 0 0
4

Sapi-sapi terbesar di dunia

Saat ini dikenal ratusan varietas sapi yang tersebar di seluruh dunia. Masing-masing negara mencoba...[±2547 kata]

×

×

bagikan

×

4 0 0 0 0 0
4

Daftar Lengkap Tanaman Rempah-Rempah, Bumbu dan Penyedap Masakan

Indonesia dikenal sebagai salah satu surga kuliner dengan bermacam jenis makanan. Setiap daerah bahk...[±3098 kata]

×

×

bagikan

×

4 0 0 0 0 0
4

Spesies burung paling misterius di Indonesia

Berikut ini Spesies burung paling misterius di Indonesia 1. Sikatan Aceh Sikatan Aceh atau Ruck&rs...[±2893 kata]

×

×

bagikan

×

4 0 0 0 0 0
4

Inilah Kuda-kuda terbaik di Dunia

Kuda diyakini sebagai salah satu ternak paling berpengaruh sepanjang peradaban manusia. Selain menja...[±3287 kata]

×

×

bagikan

×

3 0 0 0 0 0
3

Valentine di Jepang, Justru Wanita yang Berikan Cokelat ke Pria

Valentine juga ternyata dirayakan di Jepang. Berbeda dengan perayaan hari kasih sayang dalam kebuday...[±210 kata]

×

×

bagikan

×

2 0 0 0 0 0
2

Niat, Doa dan Ijab Qobul Berqurban Idul Adha

Assalamualaikum Warohmatullahi WabarokatuhNIAT, DO'A DAN IJAB QOBUL BERQURBAN UNTUK IDUL ADHA بس...[±174 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Fungsi Tangki Panel Fiberglass Lengkap

Menjadi salah satu tandon air yang bermanfaat untuk kehidupan,sepertinya tangki air tak asing lagi d...[±238 kata]

×

×

bagikan

×

3 0 0 0 0 0
3

Buku Berusia 2000 tahun Yang Dianggap Sebagai Bukti Keberadaan Nabi ISA AS

Sebuah peninggalan kuno yang menurut ilmuwan berumur 2.000 tahun, dipercaya menunjukkan potret awal...[±356 kata]