× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
7 0 0 0 0 0
7
   ic_mode_light.png

Terungkap, Belati Firaun Terbuat dari Batu Meteor

Peneliti mengatakan, sebuah belati milik firaun Mesir, Tutankhamun, dibuat dari besi yang berasal dari meteorit. Pisau tersebut ditemukan di sebelah mumi Tutankhamun dalam pemakamannya.

BBC News melaporkan, senjata yang terdiri atas sepasang belati itu ditemukan arkeolog Inggris Howard Carter pada 1925 dalam kain kafan raja muda itu. Pisau tersebut diduga terbuat dari besi yang membingungkan para ilmuwan karena logam itu jarang ditemukan di Mesir kuno.

Peneliti Italia dan Mesir kemudian menggunakan teknik sinar X noninvasif untuk mengetahui komposisi besi tanpa merusaknya. "Besi meteor jelas diindikasikan oleh adanya persentase tinggi dari nikel," kata penulis utama jurnal Meteoritics dan Planetary Science, Daniela Comelli.

Para peneliti mengatakan, tingkat nikel dan kobalt menunjukkan besi berasal dari luar bumi. Mereka membandingkan komposisi belati dengan meteor yang ditemukan 2.000 kilometer di sekitar pantai Laut Merah dan menemukan tingkat nikel dan kobalt yang sama dalam satu bagian.

Peneliti mengatakan, Mesir Kuno menempatkan sesuatu yang hebat seperti besi meteor ke dalam produk benda hias atau objek seremonial. "Mereka telah menyadari potongan langka yang jatuh dari langit pada abad 13 sebelum masehi, mengantisipasi budaya Barat lebih dari 2.000 tahun," kata peneliti dalam jurnal.

Kualitas produk menunjukkan kemahiran signifikan pandai besi era Tutankhamun. Belati dilengkapi pegangan emas dan dihiasi selubung emas bermotif bunga lili di satu sisi dan bilah bulu di sisi lain. Kini belati tersebut dipamerkan di Museum Mesir, Kairo. Republika

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaWowFakta UnikInformasi MenarikDiskusiSejarah
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+