× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
7 0 0 0 0 0
7
   ic_mode_light.png

India Bakal Jadi Negara dengan Penduduk Muslim Terbanyak Di Dunia

India,

India akan menyalip Indonesia menjadi negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia pada tahun 2050. Studi ini merinci, populasi Muslim di India kemungkinan akan melebihi 18% populasi penududuk negara itu (310 juta) sementara umat Hindu akan terdiri dari 77% dari populasi negara itu.

Pada tahun 2010, persentase umat Hindu di negara itu sekitar 80%, yang kemungkinan akan turun menjadi 77% pada 2050. Pada saat yang sama, selama empat dekade, populasi Muslim akan meningkat empat poin persentase dari 14% menjadi 18%.

"India akan tetap menjadi negara dengan mayoritas penduduk beragama Hindu, tetapi juga akan memiliki populasi Muslim terbesar dari negara mana pun di dunia, melebihi Indonesia," kata laporan Pew Research Center tersebut, seperti dikutip dari The Hindu Business Line.

Para peneliti dalam studi yng diterbitkan tahun 2015 lalu itu menulis, pada tahun 2010 Indonesia memiliki populasi Muslim sekitar 209 juta. Angka ini lebih besar dibandingkan dengan populasi Muslim di India yang berjumlah 176 juta orang pada tahun yang sama.

Namun pada 2050, jumlah penduduk Muslim di India meningkat tajam mencapai 310 juta, mengungguli jumlah penduduk Muslim di Indonesia yang naik manjdi 256 juta. Prediksi profil keagamaan dari Pew Research Center ini juga memaparkan bahwa populasi Muslim secara global diproyeksikan tumbuh lebih cepat daripada populasi agama-agama lain ataupun populasi keseluruhan dunia.

Studi ini juga menyebut bahwa umat Kristen dan Hindu secara kasar mengimbangi angka persentase pertumbuhan populasi global di seluruh dunia. Laporan tersebut juga memperkirakan bahwa pada tahun 2050 akan ada jumlah populasi yang hampir sama antara Muslim (2,8 miliar, atau 30 persen dari populasi) dan umat Kristen (2,9 miliar, atau 31 persen).

Dan ini mungkin untuk pertama kalinya dalam sejarah jumlah populasi kedua agama tersebut hampir sama. Jika tren ini berlanjut, Islam akan menjadi agama paling populer di dunia setelah 2070, masih menurut laporan tersebut. Pada tahun 2050, Muslim akan membentuk sekitar 10 persen dari populasi Eropa, naik dari 5,9 persen pada tahun 2010.

Sumber: National Geographic Indonesia

#misteri #sains #muslim #kristen #hindu

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaWowWisataViralPariwisataSeduniaDiskusiBudayaRekor
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+