× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
9 0 0 0 0 0
9
   ic_mode_dark.png

Fakta Sungai Amazon yang Menakutkan

Amazon,

Sungai amazon masih menyimpan banyak misteri di dalamnya. Dari mulai hutannya yang sangat menakutkan, keanekaragaman hayati yang kaya atau mengerikan, atau banyaknya temuan sejarah ilmiah yang tidak biasa.

1. Sungai Amazon mencakup 9 negara
Sungai yang luar biasa ini mengalir melalui wilayah sembilan negara yang berbeda! Brasil, Peru, Columbia, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Guyana, Suriname atau Guyana Prancis.

2. Sungai Amazon memiliki anak sungai paling banyak di dunia
Dengan lebih dari 1.100 anak sungai Sungai Amazon memiliki lebih dari sungai lain di seluruh dunia. 17 anak sungai ini memiliki panjang lebih dari 1.500 km.

3. Butuh waktu 66 hari untuk berenang di Sungai Amazon
Pada tahun 2007 Martin Strel berenang sepanjang Sungai Amazon. Dia berenang 10 jam setiap hari, selama 66 hari sebelum menyelesaikan prestasi mengesankan ini.

4. Sungai Amazon tumbuh di musim hujan
Selama musim hujan, Sungai Amazon memperoleh tambahan 120 mil (190 km) lebarnya. Padahal, sungai ini menjadi sangat luas sehingga terkadang disebut Sungai Laut.

5. Sungai Amazon adalah rumah bagi ikan paling menakutkan
Sungai Amazon adalah rumah bagi ikan pemakan daging yang biasanya menyerang mangsa dalam kelompok besar, Piranha yang mengerikan. Ikan karnivora ini biasanya memangsa ternak yang secara tidak sengaja menyimpang ke perairan sungai besar ini.

6. Sungai Amazon mengubah warna laut
Sungai Amazon bertanggung jawab untuk memberi makan 20% air tawar dunia ke Samudra Atlantik. Air tawar kemudian menyebabkan pengenceran garam di perairan laut, mengubah warna permukaan laut Atlantik menjadi lebih dari 2.600.000 km persegi.

7. Sungai Amazon adalah rumah bagi lebih dari 3.000 spesies ikan
Dengan spesies yang terus-menerus ditemukan di Sungai Amazon, tidak mengherankan bahwa saat ini kita mengetahui adanya 3.000 jenis ikan yang tinggal di sungai yang menakutkan itu. Termasuk dalam daftar panjang ini adalah Arapaima raksasa, ikan karnivora seukuran manusia, hiu banteng, belut listrik atau ikan pari panekuk.

sumber : melihatmisteri

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelBeritaFakta Unik Wow Informasi Menarik
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_dark.png night
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_dark.png ic_other.png
+