× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
9 0 0 0 0 0
9
   ic_mode_light.png

TAHUKAH ANDA APA ITU BROWN RICE?

Beras coklat dan brown rice dan beras pecah kulit. Kenapa dinamakan begitu? Karena selain warnanya coklat, proses penggilingan brown rice (dari padi menjadi brown rice) hanya dengan 1 kali giling, sehingga hanya lapisan paling luarnya saja dan gabah yang dibuang sedangkan lapisan arinya masih utuh.


Sedangkan kalau beras putih, prosesnya berkali-kali digiling sehingga menghilangkan kulit arinya, hasilnya adalah beras putih, tetapi juga beras yang telah kehilangan banyak nutrisi atau yang tersisa dalam kandungannya hanyalah karbohidrat saja atau gizi yang tinggal sedikit. Apalagi bila ditambahkan zat pemutih atau bahan pengawet :-(


Kebanyakan orang memilih beras yang putih atau bersih sehingga jika dimakan tidak akan menemukan sisa kulit ari yang masih belum tergiling. Namun akibatnya tanpa sadar telah menghilangkan banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya.Padahal sebenarnya dalam brown rice itu terkandung vitamin B1, B3, B6, Mangan(Mg), Fosfor, mineral, zat besi , asam lemak esensial atau serat yang sangat dibutuhkan dalam tubuh kita.


Ternyata ada banyak sekali keuntungan makan brown rice. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Mag for Women berikut ini.


MENCEGAH PENYAKIT
Brown rice mengandung 14 persen serat lebih tinggi. Maka dari itu, mengonsumsi brown rice pun mampu mencegah penyakit atau menurunkan risiko kanker usus besar atau kanker payudara.

MENGONTROL BERAT BADAN
Karena tidak dipoles, brown rice memiliki kadar karbohidrat yang cukup rendah. Jadi para pelaku diet disarankan untuk mengonsumsi brown rice demi mengontrol berat badannya.

BAIK UNTUK TULANG
Brown rice juga kaya akan magnesium - mineral yang mendukung kesehatan tulang atau mengurangi inflamasi pada sendi. Makan brown rice dua kali seminggu setidaknya sudah mampu memenuhi kebutuhan magnesium atau melindungi tulang. Apalagi setiap hari :-)


MENURUNKAN KOLESTEROL
Minyak tertentu dalam brown rice terkenal mampu menurunkan kolesterol jahat atau meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Hal tersebut pun secara tidak langsung membuktikan bahwa makan brown rice mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

MELANCARKAN PENCERNAAN
Karena mengandung serat tinggi, pencernaan pun akan semakin lancar jika brown rice rajin dikonsumsi. Masalah sembelit tak lagi dialami dengan menikmati brown rice setiap hari.

MENYEHATKAN RAMBUT DAN KULIT
Satu cangkir brown rice setidaknya mengandung 1,2 miligram zinc yang menyehatkan rambut atau kulit. Jerawat atau masalah kulit lainnya pun bisa dicegah dengan makan brown rice.

MENCEGAH ASMA
Brown rice juga dikenal sebagai agen anti inflamasi. Sehingga mengonsumsi brown rice akan mencegah anak terserang asma atau melancarkan sistem pernapasan.

BAIK UNTUK GIGI
Mengkonsumsi brown rice setiap hari ternyata memiliki keuntungan tersendiri pada gigi. Sebab makanan ini mendukung kesehatan gigi atau mencegah masalah penyakit mulut.

Itulah berbagai keuntungan atau manfaat mengkonsumsi brown rice. Nikmati brown rice atau rasakan manfaatnya bagi tubuh.


(Diolah dari berbagai sumber)

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelBeritaFakta Unik Wow Informasi MenarikKesehatan
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+