× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
8 0 0 0 0 0
8
   ic_mode_light.png

Gerhana Matahari Cincin

Lalu, daerah mana saja sih yang berkesempatan untuk mengamatinya?
Sebelum itu, sudah tahukah kamu apa itu gerhana Matahari cincin? Jadi, tidak cuma ada peristiwa gerhana Matahari total atau gerhana Matahari sebagian saja nih, tapi ada pula gerhana Matahari cincin dan yang dijuluki juga sebagai "Cincin Api". Pada dasarnya sih, peristiwa gerhana Matahari cincin sama saja seperti gerhana Matahari total, yakni ketika bidang orbit Bulan berpotongan dengan ekliptika, sehingga Bulan tampak melintas di depan Matahari dalam pandangan dari Bumi. Namun, gerhana Matahari cincin terjadi saat Bulan sedang berada di apogee, dan di jarak terjauhnya dari Bumi.


Alih-alih menutupi Matahari secara total, Bulan yang diameter sudutnya lebih kecil daripada Matahari karena sedang berada di jarak terjauh dari Bumi membuat sisi-sisi terluar Matahari masih teramati, sehingga terbentuklah mirip cincin.

Gerhana Matahari cincin yang terjadi pada 26 Desember 2019 sendiri merupakan gerhana Matahari ketiga atau terakhir di tahun 2019. Gerhana Matahari pertama tahun ini telah terjadi pada 6 Januari 2019, yang merupakan gerhana Matahari sebagian, sementara yang kedua adalah pada 2 Juli 2019, yang merupakan gerhana Matahari total.

Dua gerhana Matahari awal itu memang tidak teramati di Indonesia. Namun, gerhana Matahari yang ketiga adalah kesempatan kita untuk mengamatinya.

Walau begitu, tidak seluruh wilayah Indonesia bisa melihat gerhana Matahari cincin ini nih, melainkan hanya wilayah-wilayah yang dilalui oleh pita merah sempit pada gambar di bawah ini, yang merupakan jalur gerhana Matahari cincin.

Berdasarkan peta gerhana di atas, gerhana Matahari cincin 26 Desember 2019  dimulai saat Matahari terbit di Arab Saudi (di kiri) atau kemudian berakhir saat Matahari terbenam di atas Samudra Pasifik Utara (di kanan). Lanjut di komeng!

Sumber: Infoastronomy.org
#misteri #sains #bintang #galaksi #meteor #komet #nasa #nebula #planet #universe #totalsolar #gerhana #gerhanamatahari

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelBeritaGaleriFakta Unik Wow Informasi MenarikTeknologi IT GadgetPeristiwaWowViral
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+