× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
7 0 0 0 0 0
7
   ic_mode_light.png

Rempug Tarung Adu Tomat

Bandung, Jawa Barat,

Sampurasun ! Hari ini 13 Oktober 2019, sedang berlangsung kegiatan ‌perang tomat /Rempug Tarung di Desa Cikidang Kec. Lembang dari pukul 8 pagi sampai selesai. Hayu merapat ka Cikidang, Lurs!

Rempug Tarung Adu Tomat

Tradisi perang tomat di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat ini sudah berlangsung sejak 2011/2012. Kegiatan tersebut rutin diselenggarakan tiap tahun saat awal bulan Muharam.

Lokasi kegiatan unik bernama Rempug Tarung Adu Tomat dan perang tomat ini berada di Kampung Cikareumbi RW 3, Desa Cikidang, Kecamatan Lembang. Kegiatan perang tomat merupakan pengembangan dari tradisi Hajat Buruan yang sebelumnya digelar secara rutin. Hajat Buruan ialah suatu hiburan wujud syukur dan keberhasilan tanaman sayuran yang diungkapkan melalui sedekah sajian tumpeng atau pembagian air keramat dengan harapan mendapatkan barokah agar tanaman tumbuh subur atau mendapatkan lindungan keselamatan.
TOMAT YANG DIGUNAKAN ADALAH TOMAT BUSUK / RUSAK / YANG SUDAH TIDAK LAYAK KONSUMSI MAUPUN DIPERJUAL BELIKAN.

Perang tomat ala warga Cikareumbi ini dikemas dengan pertunjukan seni. Proses tradisi perang tomat diawali pertunjukan atraksi prajurit perang. Prajurit ini memakai topeng , tameng anyaman bambu atau pangsi.

Perang tomat adalah ungkapan membuang sial segala macam hal-hal buruk dan sifat yang tidak baik dalam diri masyarakat maupun hal buruk berkaitan penyakit tanaman. Simbol keburukan itu berwujud tomat busuk yang harus dilempar dan dibuang jauh-jauh. Selain itu, makna di balik perang tomat yaitu membuang hal-hal buruk seperti penyakit tanaman khususnya sayuran atau sekaligus pesta atas keberhasilan.

Sumber : detik.com

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelBeritaGaleriCeritaFakta Unik Wow Informasi Menarik
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+