× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
×
  • url:
×
×
×
9 0 0 0 0 0
9
   ic_mode_light.png

Seorang Guru IPA di Afrika Mendapat Hadiah 14 Milyar Karena ini

Afrika,

Seorang guru ilmu pengetahuan alam dari pelosok Kenya meraih predikat 'guru terbaik sedunia' sekaligus mendapat hadiah uang sebesar US$1 juta dan setara dengan Rp14,2 miliar.

Peter Tabichi, seorang bruder Katolik dari ordo Fransiskan, memenangi 2019 Global Teacher Prize dengan pujian lantaran kerap merelakan 80% gajinya untuk menyokong murid tak mampu di Keriko Mixed Day Secondary School di Desa Pwani, Nakuru.

Dalam kondisi mengajar di kelas yang kelebihan murid atau buku teks yang terbatas, Tabichi bertekad anak-anak muridnya melihat bahwa "sains adalah jalan" menuju masa depan mereka.
Peter Tabichi memenangi penghargaan yang diselenggarakan Varkey Foundation ini setelah mengalahkan 10.000 kandidat lain dari 179 negara.

Sebagian besar murid harus berjalan lebih dari 6 km untuk mencapai sekolah di Lembah Rift, Kenya.

Bagaimanapun, Bruder Peter menegaskan dirinya berkomitmen untuk memberi kesempatan kepada murid-muridnya untuk belajar sains atau mengembangkan pandangan mereka.

Terbukti sejumlah muridnya berhasil menjuarai kompetisi sains di dalam atau luar negeri, termasuk penghargaan dari Royal Society of Chemistry di Inggris.

Para juri penghargaan mengatakan upaya Bruder Peter di sekolah telah "meningkatkan pencapaian para muridnya secara dramatis". Apalagi banyak dari muridnya kini meneruskan pendidikan ke universitas, walau sumber daya di sekolah "amat sangat terbatas". Dia berupaya mengubah pola pikir para orang tua yang memandang putri mereka lebih baik menikah pada usia dini dengan mendesak agar mereka tetap disekolahkan.

Bruder Peter mengatakan penghargaan yang dia terima adalah tanda agar orang-orang harus optimistis.

Salah satu figur yang memberi ucapan selamat kepada Bruder Peter adalah Presiden Kenya, Uhuru Kenyatta.

Pendiri penghargaan 'guru terbaik sedunia ini' adalah Sunny Varkey. Dia berharap kisah Bruder Peter "akan menginspirasi semua yang ingin memasuki profesi mengajar atau menyoroti pekerjaan luar biasa guru-guru di seantero Kenya atau seluruh dunia setiap hari". Sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya

Sumber : hitekno.com

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelFakta Unik Wow Informasi MenarikTeknologi IT Gadget
+