× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
8 0 0 0 0 0
8
   ic_mode_light.png

Inilah Ruang Tersunyi Sedunia, Bahkan Bisa Mendengar Detak Jantung Sendiri

tempat paling sunyi sedunia ada di suatu ruangan di Orfield Laboratories di AS. Di dalamnya, Kalian bahkan bisa mendengar suara detak jantung sendiri!

Dilongok dari situs BBC Travel, Jumat (1/7/2014) ruang anechoic bahkan sudah disematkan oleh Guinness World Records sebagai 'the quietest place in the world' pada tahun 2004 silam. Tak main-main, ruang anechoic memang didesain khusus.

Ruang anechoic ternyata mampu menyerap suara hingga 99 % dan dapat membuat suasana tetap tenang di dalamnya. Dindingnya terbuat dari baja dan beton. Lalu, dinding dan langit-langitnya dilapisi fiberglass acoustic wedges yang befungsi menyerap suara.

Dengan menggunakan desibel, satuan untuk mengukur intensitas suara, suara yang terdengar di dalam ruang anechoic yakni mampu mencapai angka -9,4 desibel. Padahal, rata-rata manusia mendengar suara mencapai angka 30 desibel.

Oleh sebab itu, indera pendengaran Kalian bakal bekerja keras mencari suara sekecil apa pun. Semua panca indera lebih tepatnya, akan bekerja untuk mencari suara. Sampai-sampai, Kalian bakal bisa mendengar detak jantung, paru-paru yang mengembang dan aliran darah!

Badan Kalian akan menjadi sumber suara untuk telinga Kalian sendiri. Namun, ternyata inilah sisi bahaya dari ruang anechoic yang bisa membuat orang menjadi stress dan halusinasi berlebihan karena saking sunyinya.

Usut punya usut, ruang anechoic ternyata memenuhi standar NASA untuk mengetes para astonot. Ruangan itu bisa menilai kadar stres seorang astronot sebelum dilepas ke stasiun luar angkasa.

Meski begitu, ruang anechoic bisa didatangi wisatawan dan mencoba pengalaman berada di tempat paling tenang di dunia. Kabarnya, orang yang paling lama tingal di dalamnya hanya mampu kuat selama 45 menit saja. Itu pun dia merasakan detak jantung yang makin kuat dan terdengar gaduh.

Tiket untuk menjajal ruang anechoic yakni sebesar USD 300-400 atau sekitar Rp 3,4-4,6 juta untuk satu jam berada di dalamnya. Dengan catatan, para wisatawan harus ditemani pemandu dari laboratorium setempat untuk faktor keamanan.

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelGaleriFakta Unik Wow Informasi MenarikTeknologi IT GadgetSedunia
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_masonry.png grid
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_grid.png ic_mode_light.png ic_other.png
+