× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
5 0 0 0 0 0
5
   ic_mode_light.png

Instagram Akan Semakin Mirip Pinterest, Kok Bisa?

Instagram kembali dikabarkan menyontek fitur Pinterest. Dua tahun lalu, Instagram merilis fitur "Save" yang mekanismenya mirip dengan fitur "Collection" di Pinterest.



Pengguna bisa membuat moodboard dari konten-konten yang disukai. Bedanya, "Save" bersifat privat, sementara "Collection" bersifat publik.


Nah, menurut temuan Tech Crunch, ada indikasi Instagram bakal menambahkan opsi untuk membuka "Save" secara publik. Artinya, fitur ini akan benar-benar sama dengan "Collection" di Pinterest. 


Sudah tau perihal Cara Download Gambar Di Pinterest belum?


Berdasarkan bocoran kode aplikasi Instagram untuk Android, opsi untuk mempublikasikan "Save" di Instagram bakal dinamai "Make Collection Publik". Pengguna cukup menggeser toggle opsi itu ke kanan untuk mengaktifkannya.


Terdapat keterangan "Change Cover" di bawah foto, mengindikasikan bahwa pengguna bisa mengganti foto sampul koleksinya.
Baca juga: Giliran Pinterest yang Dicontek Instagram


Respons Instagram


Dilansir KompasTekno dari Tech Crunch, Senin (25/2/2019) Instagram mengaku tidak sedang menguji coba fitur ini. Jawaban yang sama dengan fitur-fitur sebelumnya, yang kepergok di file APK sebelum dirilis resmi ke publik.


Apabila fitur ini benar-benar akan dirilis, agaknya butuh waktu lama bagi Instagram untuk merampungkannya. Induk Instagram, Facebook juga telah mencaplok fitur serupa "Collection" Pinterest yang bisa dibagikan.


Belum diketahui bagaimana Instagram akan memaksimalkan fitur koleksi publik ini. Bisa jadi, Instgram akan memberlakukan cara yang sama seperti fitur Collection di Facebook.


Tech Crunch Fitur Save yang mirip dengan ftur Collection di Pinterest namun diset secara privat

Ada kemungkinan juga bahwa Instagram akan mengijinkan pengguna untuk saling mengikuti koleksinya, sebagaimana pengguna bisa mengikuti tagar saat ini.


Hal ini akan membuka peluang baru bagi influencer sebagai kurator koleksi ketimbang kreator dari karya sendiri. Selain fitur koleksi publik, kode di Android tersebut juga mengungkapkan fitur lain yang sedang dikembangkan.
Salah satunya picture-in-picture di IGTV yang memungkinkan pengguna memonton video dari IGTV sembari mengoperasikan ponsel, tanpa harus menyetop video meski keluar dari aplikasi Instagram.


Jika nantinya fitur Koleksi publik dirilis, maka akan menjadi strategi baru bagi para pelaku bisnis yang memanfaatkan Instagram untuk promosi. Mereka bisa memajang katalog produk-produk mereka, mulai dari produk baru atau produk paling laris misalnya.


CEO Facebook, mark Zuckerberg memang mengatakan akan meluncurkan banyak produk baru di Instagram untuk meningkatkan pengalaman paltform. Saat ini, Instagram telah memiliki sejumlah fitur untuk menunjang pelaku bisnis, salah satunya linimasa"Shopping" di explore yang dipersonalisasikan.


Src: Tekno.Kompas.com

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelTeknologi IT GadgetSelfie Life Style
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+