× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
8 0 0 0 0 0
8
   ic_mode_light.png

Lake Narton, Salah Satu Danau Paling Berbahaya Sedunia

Tanzania,

Dijuluki danau Neraka, Natron bukanlah tempat menyenangkan untuk menghabiskan waktu liburan. Danau ini ditakuti karena bisa mengancam hidup siapapun. Meski bentang alam sekitar amat mempesona, namun tetap terkalahkan dengan kengerian yang terjadi. Karena itu, hingga kini tempat ini hampir sepi dari jejak langkah manusia.

Danau satu ini memang mengundang mimpi buruk karena hal menakutkan yang ada di sana. Hal tersebut tak lain adalah kekuatan si Natron yang bisa mengubah siapa pun lama kelamaan menjadi batu tatkala mencoba menceburkan diri. Serius ini sangat nyata. Buktinya adalah hewan-hewan yang benar-benar membatu ketika lengah atau tidak sengaja tercebur ke dalam Natron.

Danau Natron terletak di Utara Tanzania, dekat dengan perbatasan Kenya. Danau garam ini juga berada di sebelah utara timur dari kawa Ngorongoro, di Lembah Rift, Afrika. Nama Natron sendiri diambil dari mineral natron yang merupakan mineral natrium karbonat dekahidrat (sodium carbonate decahydrate).
.
Rahasia kenapa danau ini begitu memancarkan maut adalah kandungan mineral khas di sana yang memiliki efek mengeraskan. Belum lagi suhu di situ juga cukup panas (sekitar 60 derajat celsius). Kombinasi dari kondisi-kondisi tersebut akhirnya menciptakan suatu medium yang sangat berbahaya bagi siapa pun.

Natron yang terkenal mematikan ini bukanlah danau yang teramat dalam. Sebaliknya, kedalamannya hanya mencapai 3 meter. Tapi, dengan pH air yang mencapai angka 10,5, tentu dengan mudah membakar kulit dan mata hewan yang tidak mampu beradaptasi. Ditambah suhu air yang bisa mencapai 60 derajat Celsius, cukup mematikan bagi hewan-hewan kecil yang terjatuh dalam air danau.

Belum lagi kandungan mineral yang ada dalam air danaulah yang efeknya sangat mematikan. Pasalnya mineral dalam danai mempunyai fungsi serupa dengan zat pengawet yang digunakan untuk membuat mumi. Akibatnya, hewan yang tercebur dan mati di danau akan seperti benda yang tercelup ke kubangan semen. Menjadi perlahan mengeras dan membatu.

Berusia sekitar 1 juta tahun, Gunung yang ada di dekat Danau Natron adalah penyumbang zat-zat yang membuat air danau Natron berubah menjadi pembunuh yang mematikan. source: Boombastis

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
Artikel Fakta Unik Wow Informasi MenarikWowSedunia
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+