× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×
0 0 0 0 0 0
0
   ic_mode_light.png

10 Mesin Pencari Selain Google


Mesin Pencari Selain Google - Menurut Anda, manakah 10 mesin pencari terbaik dan paling populer di dunia saat ini? Mungkin masih sedikit yang mengetahui, ternyata ada banyak mesin pencari selain google yang juga cukup populer di berbagai belahan negara di dunia saat ini. Meski namanya tidak begitu melambung seperti Google, namun mesin pencari ini tetap melayani jutaan request pencarian dalam setiap harinya.


Mungkin bagi beberapa orang tertentu, mesin pencari yang akan kita sampaikan berikut ini akan terdengar asing, sebab setahu mereka (yang awam teknologi) Google adalah satu satunya mesin pencari di dunia saat ini. Padahal, ada banyak sekali jumlah mesin pencari yang sebenarnya cukup layak untuk menelusuri dunia internet, hanya saja belum ada yang dapat menyaingi otoritas Google didalam dunia maya.


Kali ini, seperti judul yang sudah kita lihat bersama. Situs ilmu pengetahuan telah menyusun 10 mesin pencari terbaik di dunia saat ini. dan tentunya 9 diantaranya adalah mesin pencari selain Google. Baiklah, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini. 


Mesin Pencari Selain Google


1. GOOGLE


Posisi pertama adalah Google. Mungkin kami tidak perlu memperkenalkan lagi mesin pencari yang satu ini. Bisa dibilang, Google adalah raksasa mesin pencari di internet saat ini. Otoritasnya yang sangat tinggi membuat mesin pencari ini berhasil menduduki posisi pertama sebagai mesin pencari paling populer dan terbaik di dunia saat ini. Dikutip dari laporan netmarketshare (Nov 2018), 73% request pencarian kata kunci di dunia didukung oleh Google, sedangkan Bing hanya mendukung sekitar 7,91%. Bahkan, menurut perhitungan, 81% pencarian pada perangkat mobile dan tablet dikuasai oleh Google.


2. BING


Mesin Pencari Selain Google yang pertama adalah Bing. Search Engine ini menempati posisi kedua sebagai mesin pencari paling populer di dunia. Bing adalah upaya dari Microsoft untuk menyaingi Google dalam hal mesin pencari. Tetapi, terlepas dari upaya mereka tersebut, hingga kini Bing masih belum mampu meyakinkan para pengguna bahwa mesin pencari mereka dapat menjaring hasil yang lebih baik daripada Google. Otoritas Bing dalam hal mesin pencari hingga kini konstan berada dibawah 10%, padahal, mesin pencari Bing adalah setingan default dari search engine pada PC yang berbasis sistem operasi Windows.


3. YAHOO


Siapa yang tidak kenal dengan Yahoo? Perusahaan ini merupakan salah satu penyedia email paling populer di dunia dan menempati urutan ketiga sebagai mesin pencari paling populer dengan skala otoritas sekitar 3,90%. Sekitar Oktober 2011 hingga Oktober 2015, mesin pencarian Yahoo diberdayakan secara eksklusif oleh Bing. Namun, terhitung mulai dari Oktober 2015 silam, Yahoo setuju dengan Google untuk menyediakan layanan terkait pencarian dan sejak saat itulah hasil pencarian dari Yahoo didukung oleh Google dan Bing. Yahoo juga merupakan mesin pencari default untuk browser Firefox di Amerika Serikat, Sekitar tahun 2014 silam.


4. ASK.COM


Sebelumnya nama mesin pencari ini dikenal dengan sebutan Ask Jeeves. HIngga kini, Ask.com menerima sekitar 0,42% dari hasil pencarian di ranah internet. ASK memiliki format situs berupa pertanyaan / jawaban di mana sebagian besar pertanyaan yang muncul di mesin pencari ini, dijawab oleh pengguna lain atau dalam bentuk jajak pendapat. Agak mirip dengan brainly. Situs Ask juga memiliki fungsi pencarian umum, akan tetapi hasil pencariannya kurang berkualitas dibandingkan dengan mesin pencari Google atau bahkan Bing dan Yahoo. Harap maklum.


5. AOL.COM


Menurut situs netmarketshare, AOL sebelumnya masih berada di peringkat 10 dalam daftar mesin pencari teratas dengan nilai otorisasi hasil pencarian sekitar 0,06%. Jaringan situs AOL mencakup banyak website populer kelas dunia seperti engadget.com, techchrunch.com, dan huffingtonpost.com. Sekitar 23 Juni 2015 silam, AOL diakuisisi oleh Perusahaan Verizon Communications. Baca Juga : Kapal Laut Terbesar Di Dunia


6. BAIDU


Mesin Pencari Selain Google yang lain adalah Baidu. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2000 silam dan merupakan salah satu mesin pencari paling populer di negara Tiongkok. Otorisasi mesin pencari ini di ranah internet semakin hari semakin terus meningkat, dan dilansir dari Wikipedia, saat ini Baidu telah melayani miliaran request pencarian di ranah internet setiap bulannya. Saat ini, Browser Baidu menempati peringkat ke4 berdasarkan rangking di Alexa global.


7. WOLFRAM ALPHA 


Situs Wolfram Alpha sangat berbeda dari semua mesin pencari yang sudah kita sebutkan diatas. Mesin pencari ini memiliki pengetahuan yang luas dan kekuatan sistem komputasi yang mendalam dalam hal matematika. Mulai dari persoalan aritmatika, aljabar, kalkulus, persamaan diferensial atau apa pun di antaranya, Mesin pencari Wolfram Alpha siap memberikan solusi / jalan keluar.


8. DUCKDUCKGO


Mesin pencari Duckduckgo memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan dengan mesin pencari pada umumnya, seperti: Tampilan antarmuka yang bersih, tidak melacak lokasi pengguna, tidak penuh dengan iklan dan beragam fitur lainnya yang sangat menarik dan mengoptimalkan para penggunanya. Upgrade: Berdasarkan data statistik terbaru, traffic mesin pencari duckduckgo (Desember 2018) mencapai lebih dari 30 juta pencarian keyword dalam seharinya.


9. INTERNET ARCHIVE


Situs Archive.org dikenal sangat legend sebagai mesin pencari arsip di internet. Anda bisa menggunakan mesin pencari ini untuk mencari tahu bagaimana situs web terlihat sejak tahun 1996. Bayangkan saja, situs Archive.org memiliki 20 tahun lebih riwayat website yang dapat diakses melalui Wayback Machine dan mereka telah bekerja sama dengan 450 lebih perpustakaan dan mitra lainnya melalui program Archive-It. Keren banget nih.


10. YANDEX.RU


Berdasarkan rangking / peringkat Alexa (1 Apr 2019), Yandex.ru merupakan situs terpopuler di dunia yang menempati peringkat ke 19 Global, dan peringkat ke3 di Rusia. Yandex adalah perusahaan teknologi yang membangun produk dan layanan cerdas yang didukung oleh pembelajaran mesin. Menurut Wikipedia, Yandex merupakan mesin pencari terbesar di Rusia, dan menguasai mesin pencari sekitar 65% di ranah internet Rusia. Selesai!


Tidak perlu lagi diperselisihkan, Google memang merupakan mesin pencari terbaik dan terpopuler saat ini, kemudian disusul oleh perusahaan Bing, dan Yahoo. Bagaimana, menarik bukan? Sekarang wawasan kita telah bertambah luas lagi, ternyata ada banyak mesin pencari selain Google yang cukup populer di dunia saat ini. Mungkin itu saja ulasan kita kali ini. Semoga menambah wawasan dan pengetahuan kita semua. 

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
Artikel
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_masonry.png grid
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_grid.png ic_mode_light.png ic_other.png
+