× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×
0 0 0 0 0 0
0
   ic_mode_light.png

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Solok Yang Enak dan Legendaris

Solok merupakan salah satu wilayah di Sumatera Barat yang menyajikan beragam kudapan lezat dan sangat cocok dijadikan buah tangan.


Berbagai jenis makanan ringan hingga berat tersedia dengan cita rasa unik dan khas. Jika Anda sedang berkunjung ke kota ini, cobalah untuk membeli beberapa oleh-oleh khas Solok sebagai berikut, dari Minangku.com :


Pilihan Oleh-oleh Khas Solok 


1. Ampiang Dadiah


Kudapan pertama yang menjadi ciri khas dari Solok adalah ampiang dadiah. Makanan ini memiliki tekstur seperti yogurt karena terbuat dari fermentasi susu kerbau.


Keistimewaan dari ampiang dadiah adalah cara mengolahnya yang masih menggunakan alat tradisional. Susu kerbau segar yang baru diperah langsung dimasukkan kedalam wadah dan ditutupi daun pisang atau waru. 


Rasa dari ampiang dadiah ini cenderung masam dan bertekstru kental. Anda bisa mendapatkan ampang dadiah di toko oleh-oleh terdekat di kota Solok.


Jika ingin membelinya sewaktu-waktu, Anda bisa belanja online melalui beberapa e-commerce. harga kudapan ini mulai dari Rp 15.000,-.


2. Gulai Ayam Galundi


Makanan unik yang patut Anda coba ketika berada di kota Solok adalah gulai ayam galundi atau gulaiayam hitam.


Bahan utama dari gulai ayam ini adalah daging ayam, uah keluwek dan rempah-rempah pelengkapnya. Semakin banyak keluwek yang digunakan, warna gulai akan semakin menghitam. 


Gulai ayam galundi memiliki rasa yang kuat, tebal dan sangat cocok untuk dijadikan lauk makan siang. Akan lebih nikmat lagi jika dimasak dengan banyak cabai sehingga terasa lebih pedas dan meningkatkan nafsu makan.


Anda bisa membeli makanan ini untuk oleh-oleh dengan kemasan vacum atau siap saji, sehingga hanya perlu dipanaskan ketika sampai di rumah. 


3. Palai Bilih Singkarak


Oleh-oleh khas Solok yang wajib Anda bawa pulang, salah satunya yaitu palai bilih singkarak. Palai bilih singkarak ini merupakan pepes ikan bilih dari Singkarak.


Bumbu pepes yang kaya akan rempah membuat rasa ikan bilih semakin terasa nikmat ketika masuk ke mulut Anda. Makanan ini cocok disandingkan dengan nasi putih hangat. 


Palai bilih Singkarak bisa dijadikan oleh-oleh untuk kota yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Solok. Harga untuk kudapan ini antara Rp 8.000,- hingga Rp 15.000,- per bungkusnya. Anda bisa membelinya di rumah masakan padang atau resto terdekat di kota Solok. 


4. Kalio Baluik Tapak Leman


Masakan gulai memang menjadi favorit bagi masyarakat Solok, Sumatera Barat. Salah satunya yaitu kalio baluik tapak lemon.


Baluik dalam bahasa Indonesianya disebut belut. Maka, makanan ini berupa Gulai belut yang dicampur daun tapak leman atau mangkuk. Meskipun terdengar aneh dan asing bagi sebagian orang, tetapi Anda dijamin ketagihan jika sudah merasakan makanan ini.

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelWisataKuliner
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+