× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
1 0 0 0 0 0
1
   ic_mode_light.png

Lantai Granit VS Lantai Keramik, Pilih Mana?

Lantai merupakan bagian bawah rumah yang sangat penting. Lantai berfungsi untuk menunjang aktivitas-aktivitas di dalam rumh dan membentuk karakter rumah. Selain itu, lantai rumah juga berfungsi untuk meletakkan furniture dan barang-barang lainnya.


Oleh karna itu, lantai yang di bangun haruslah kokoh. Pemilihan material dalam pembuatan lantai sangat mempengaruhi kekuatan dan keindahan lantai tersebut. Dipasaran, ada bermacam-macam material lantai yang dapat kita pilih diantaranya: keramik, vinil, granit, kayu, parket, dll.


Material lantai yang biasa digunakan adalah keramik dan granit. Berikut ini kami akan bahas mengenai kelebihan dan kekuranangan lantai granit dan lantai keramik. Yuk! kita simak pembahasannya.


Kekuatan


Granit memiliki kekuatan yang lebih besar dibandingkan keramik. Material yang terdapat dalam granit lebih menyatu dan padat. Hal ini karena lantai granit diproduksi melalui proses pembakaran di suhu yang lebih tinggi (1230° C) dan diproses dengan kekuatan 7200 PH.


Sementara itu, lantai keramik diproduksi dengan Untuk membandingkan kekuatan antara granit dan keramik, Anda dapat mencoba memotong kedua jenis lantai ini menggunakan gerinda. Untuk memasang lantai granit ini, Anda membutuhkan bantuan profesional karena lantai granit sangat berat dan keras.


Ketahanan Goresan


Granit memiliki ketahanan goresan yang lebih tinggi dari granit. Untuk mendapatkan permukaan yang mengkilap, granit tidak dilapisi oleh bahan glasur, melainkan mengalami proses pemolesan. Proses inilah yang membuat tile granit lebih tahan goresan. Hal ini akan membuat granit lebih tahan terhadap gesekan pada saat memindahkan furniture, alas sepatu yang berpasir dan lain-lain. Meskipun begitu saat memasang granit tetap diperlukan kehati-hatian dan kebersihan agar tidak terjadi goresan. Karena tampilannya yang mengkilap dan tahan terhadap goresan, lantai granit dapat memberikan kesan mewah.


Dengan kelebihannya yang anti gores ini, Anda dapat menggunakan lantai granit pada tempat-tempat yang rentan terhadap goresan seperti ruang bermain anak, lobi gedung, dan lain sebagainya.


Presisi


Tingkat presisi granit ini siku sekali sehingga hanya memerlukan nat selebar 1mm dalam pemasangannya. Hal ini dikarenakan semua ubin granit adalah cutting size. Berdasarkan hal ini dapat dikatakan bahwa tingkat presisi granit terbilang sangat baik.


Ketahanan Noda


Dipasaran, ada 2 jenis granit. Jenis pertama yaitu granit tile generasi 1 dan yang kedua granit tile generasi 2-3. Granit tile generasi 1 ini juga disebut dengan printing biasa. Granit jenis ini memiliki sifat yang tidak tahan terhadap noda. Hal ini dikarenakan granit jenis ini memiliki pori-pori yang cukup besar dan dapat menyerap cairan sehingga menimbulkan flex.


Sedangkan granit generasi 2-3 diproses melalui crystalisasi sehingga sama sekali tidak menyerap noda karena pori-porinya sudah tertutup. Sesuai dengan kelebihan yang dimiliki, harga yang dimiliki granit tile generasi 2-3 lebih mahal daripada granit tile generasi 1. Karena memiliki pori-pori, lantai granit mampu menyerap hawa dingin dari udara apapun, sehingga kaki akan terasa lebih nyaman dan sejuk.


Perawatan


Saat terjadi goresan pada granit, Anda dapat mengatasinya dengan cara memanfaatkan bubuk oles untuk granit. Bubuk tersebut dapat digunakan untuk membantu membuat granit tampak lebih mengkilap dengan mengoleskannya ke granit. Harga bubuk ini juga relatif murah, yaitu kurang lebih Rp. 50 ribu. Tapi, jika jenis granit yang tidak tahan terhadap noda kemudian terkena noda, maka sulit sekali untuk membersihkannya meskipun noda tersebut masih baru. Anda harus membersihkannya dengan cairan pembersih noda. Cairan pembersih noda ini memiliki harga sekitar 90 ribuan.


Harga


Seperti yang telah kita ketahui, granit relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan keramik. Harga granit lantai yang mahal ini sesuai dengan kualitas serta tampilan lantai granit.


Demikianlah perbedaan antara lantai keramik & granit. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Silahkan di share agar memberikan manfaat untuk banyak orang. Kemudian untuk mendapatkan update-an artikel silahkan di follow blognya. Terimakasih.

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
Artikel
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+