× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
7 0 0 0 0 0
7
   ic_mode_light.png

Pemuda Asal India Berusia 18 Tahun Berhasil Membuat Satelit Terkecil Sedunia

Pallapati, India ,

Siswa genius asal India bernama Rifath Shaarook, 18 tahun, merancang satelit terkecil di dunia. Beratnya hanya 64 gram. Selain paling kecil, bobot tersebut menjadikannya satelit paling ringan di dunia.


Shaarook, yang berasal dari Kota Pallapati, Negara Bagian Tamil Nadu, India selatan, bukan siswa sembarangan. Dia salah satu ilmuwan utama di Space Kidz India yang berkantor pusat di Chennai. Lembaga ini pulalah yang menyokong dana penelitian Shaarook.


"Jelas sekali bahwa satelit kami ini sebuah inovasi," ujar Shaarook, seperti dikutip dari laman berita Quartz. Dia menamai satelit rancangannya dengan sebutan "Kalamsat". Nama ini diambil dari nama Avul Pakir Jainulabdeen Abdul Kalam, Presiden India periode 2002-2007 yang juga pelopor penelitian antariksa. Abdul Kalam juga dikenal sebagai pemimpin program pengembangan rudal terpadu India.


Rancangan satelit Kalamsat menang dalam kompetisi Cube in Space yang digelar Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Kalamsat mengalahkan 86 ribu desain dari 57 negara. Biaya pembuatannya termasuk murah. Shaarook menuturkan Kalamsat hanya memakan biaya US$ 1.561 atau sekitar Rp 21 juta.


Jelas, NASA melirik Kalamsat. Sebab, teknologi canggih terpasang di dalamnya. Satelit mini ini sudah terpasang komputer mini tercanggih serta delapan sensor untuk mengukur kecepatan, rotasi, dan atmosfer magnet bumi. "Satelit ini sudah berada di luar kemampuan anak 18 tahun," kata Amber Agee-DeHart, penggagas program Cube in Space.
.

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
Artikel Berita Informasi Menarik Fakta Unik Wow ITWowSeduniaTeknologi
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+