× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
7 0 0 0 0 0
7
   ic_mode_light.png

Cerita Mang Oleh, Pemilik Odading Rasa "Iron Man"

Kuliner khas Bandung, odading dan cakue Mang Sholeh (Oleh) kini ramai diperbincangkan masyarakat. Dalam video dengan gaya nyeleneh yang viral di media sosial, disebutkan memakan odading membuat orang-orang merasa sebagai ‘Iron Man’. Sang pemilik, Mang Oleh menuturkan, kisah di balik bisnis makanan yang ternyata telah digelutinya selama puluhan tahun itu.
.
Kue odading Mang Oleh berlokasi di Jalan Baranangsiang, Kota Bandung, Jawa Barat. Rupanya menjual odading dan cakue memang sudah 30 tahun digelutinya.
.
“Saya sudah dagang selama 30 tahun ini,” kata Mang Oleh.
Rupanya, sudah sejak dulu odading Mang Oleh dikenal. Hanya saja, ketenarannya tidak seperti saat ini. Oleh bahkan bercerita, sebelum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi presiden, SBY kerap mampir ke warung Mang Oleh untuk membeli odading.
.
Tak hanya itu, rupanya odadingnya pernah menjadi santapan ketika Presiden Amerika George W Bush datang ke Indonesia. Kemudian, sejumlah selebritis pun pernah datang ke warungnya.
.
Belakangan, teman dari anak Mang Oleh yang bernama Ade Londok datang dan membuat sebuah video mengenai odadingnya. Dengan gaya ngegas dan nyeleneh-nya, Ade Londok ternyata membuat warung Mang Oleh semakin ramai.
.
“Ade itu teman anak saya. Dia itu cuma makan odading sambil divideokan, gitu saja. Enggak nyangka bakal viral,” harapnya.
.
Mang Oleh sebenarnya, sempat keberatan dengan kata-kata kasar Ade di ujung video tersebut. Namun setelah viral, Mang Oleh tak mempermasalahkannya. Dalam video itu, Ade mengajak masyarakat untuk membeli odading Mang Oleh. Sebab, pembeli bisa merasakan sensasi menjadi Iron Man. Meski terkesan konyol, namun video tersebut membuat omzet Mang Oleh naik empat kali lipat.
.
Mang Oleh mengaku penghasilannya naik empat kali lipat. Sebelum video Ade viral, dirinya hanya menghabiskan 30 hingga 40 kilogram adonan odading dan cakue dalam sehari. Sudah empat hari ini, lanjut Mang Oleh, adonan odading dan cakueh yang mampu dihabiskan bisa mencapai satu kuintal (100 kilgram) setiap hari.

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
Artikel Ekonomi Fakta Unik Wow Informasi Menarik
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+